IHSG hari ini diprediksi akan menguat

IHSG Berakhir Kokoh di Level 5.567
Ilustrasi IHSG.

Jakarta (KANALACEH.COM) – Analis Reliance Securities Lanjar Nafi memperkirakan laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini akan cenderung menguat. Gebrakan dari pemerintah seakan menahan aksi jual sektor infrastruktur.

Lanjar mengatakan, selain menahan aksi jual, juga menjadi optimisme adalah investor domestik pada IHSG sendiri, dimana upaya menteri keuangan mendorong dan meningkatkan partisipasi pihak swasta dalam pembangunan infrastruktur.

“Dorongan tersebut dilakukan dengan pembuatan sejumlah mekanisme yang dinilai cukup meringankan,” ujarnya di Jakarta, Selasa (13/12).

Penguatan IHSG, kata dia, mulai terlihat pada hari Selasa dengan kekalahan referendum konstitusi Italia meski harga minyak kembali tergelincir. Sementara, pergerakan IHSG justru tertekan seiring terus melebarnya capital outflow yang terjadi sejak awal bulan Desember.

IHSG pun menutup pekan dengan penguatan terbatas 4,39 poin sebesar 0,08% atau secara mingguan menguat 62,16 poin sebesar 1,18% di level 5.308,13, dengan volume yang relatif cukup tinggi.

“Investor asing kembali melakukan aksi jual bersih pada perdagangan hari ini sebesar Rp54,87 miliar dengan total capital outflow mingguan di level Rp2,27 triliun,” pungkasnya. [Sindo]

Related posts