Pengungsi mulai diserang penyakit ISPA dan Diare

(ist)

Pidie Jaya (KANALACEH.COM) – Paska Gempa Bumi yang berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) yang mengguncang Pidie Jaya , Kini Ratusan korban gempa Bumi tersebut yang berada di bawah tenda-tenda pengungsian mulai mengalami insfeksi saluran pernapasan atas (ISPA) Demam dan Diare. Hal ini disebabkan oleh lingkungan yang tidak bersih,  sering jaga malam, kurangnya ketersedian air bersih dan cuaca yang berubah-ubah.

Di Bawah Tenda pengungsian, tubuh manusia rentan terhadap berbagai penyakit yang berhubungan dengan sanitasi lingkungan, termasuk ISPA, demam dan diare.

Kepala puskesmas Bandar Baru, Husni SKM mengatakan, berdasarkan data Pukesmas Lueng Putu serangan ISPA dan diare serta demam terhadap warga korban gempa paling banyak ditemui di Gampoeng Lancok Keude.  Di sana, puluhan warga menderita diare dan yang lainnya terkena ISPA dan demam.

“Di Lancok Baroh 48 orang warga yang terserang Diare dan di Lancok Mesjid serta Lancok Keude 52 orang warga terkena ISPA<” sebutnya.

Husni menambahkan, warga yang merasa mengalami gangguan kesehatan untuk secepatnya mendatangi posko kesehatan setempat. Masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan obat karena stok yang dimiliki mencukupi.

Oleh karena itu, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di daerah itu untuk terus menjaga pola hidup bersih dan sehat serta jangan membuang sampah sembarangan.

“Kepada para pengungsi agar menjaga kebersihan dan membersihkan lingkungan, jangan membuang sampah sembarangan serta jangan Suka Bergadang,” imbuhnya. [Rajali Samidan]

Related posts