Korban gempa Aceh dapat bantuan 1 Juta Yen

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wali Kota Hirokawa, Provinsi Wakayama, Jepang, Toshiki Nishioka menyerahkan bantuan sebesar 1 juta Yen atau sekitar Rp113 juta untuk membantu korban gempa Aceh.

Bantuan diserahkan langsung Walikota Hirokawa, Toshiki Nishioka kepada pemerintah Aceh yang diterima oleh Sekda Aceh, Dermawan.

Pemberian bantuan Jepang untuk Aceh pasca gempa 6,5 skala Richter (SR) yang mengakibatkan kerusakan parah di Pidie Jaya, Pidie dan Bireuen itu diharap mempererat hubungan kedua negara.

“Atas nama Pemerintah Aceh dan masyarakat Aceh, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan yang diberikan. Kita harap semakin baik ke depan (hubungan Aceh dan Jepang) sehingga berbagai kerjasama dalam bidang penanggulangan bencana dapat dilakukan,” kata Dermawan, Jumat (16/12).

Hirokawa sendiri merupakan kota yang mendirikan Museum Penanggulan Bencana Tsunami. Museum ini juga telah melakukan kerjasama dengan Museum Tsunami Aceh pada 16 Januari 2016.

Wali Kota Hirokawa, Toshiki mengatakan, pihaknya siap bekerjasama dengan Pemerintah Aceh dalam berbagai bidang. Kerjasama tersebut tidak hanya dalam bidang mitigasi bencana tapi juga dalam berbagai bidang lainya.

Ia menuturkan Museum Penanggulan Bencana Tsunami di Kota Hirokawa akan membuka Aceh Corner di Museum tersebut. Di situ nantinya akan di pamerkan berbagai informasi tentang Tsunami Aceh.

“Kami sudah mendesign ruangan untuk Aceh Corner di Museum Tsunami Kota Hirokawa dan akan mengumpulkan bahan-bahan yang ada di Museum Aceh untuk dipamerkan di sana,” kata Toshiki. [Okezone]

Related posts