Rekonstruksi kembali rumah akibat gempa harus tepat sasaran

Pengungsian gempa Pidie Jaya. (Kanal Aceh/Fahzian)

Meureudu (KANALACEH.COM) – Ketua Komisi C DPRK Pidie Jaya, Hasan Basri mengungkapkan, pada tahapan rekonstruksi kembali rumah-rumah yang terkena dampak gempa agar penerimanya didata kembali, supaya tepat sasaran.

“Kami harap pemerintah betul-betul tepat sasaran dalam membangun rumah untuk para korban gempa,” katanya usai menyambut bantuan daru Relawan Masyarakat Cot Girek (RMC) di Gampong Deah Ujoeng Baroh, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya, Jumat (16/12).

Ia juga meminta kepada pemerintah agar tidak hanya fokus pada pemulihan infrastruktur pasca gempa, namun juga pemulihan psikologis korban.

“Kami harap pemerintah juga turut menangani segera kepanikan warga yang trauma, terutama sekali terhadap anak-anak jangan sampai mereka mengalami stres maupun depresi,” ujar Hasan.

Menurutnya, akibat gempa tersebut banyak anak-anak yang mulanya ceria menjadi murung, yang mulanya suka bermain menjadi pendiam dan tidak aktif lagi.

“Inilah salah satu yang harus segera ditangani karena trauma psikis sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan jiwa dan mentalnya, sehingga perlu penanganan khusus dalam memulihkan kembali jiwa dan mental mereka,” pungkasnya. [Rajali Samidan]

Related posts