Bukan cuma keberuntungan, Indonesia juga punya semangat juang

liputan6

Bangkok (KANALACEH.COM) – Melaju hingga final Piala AFF 2016 merupakan pencapaian yang mengejutkan bagi Timnas Indonesia. Pelatih Indonesia, Alfred Riedl, torehan timnya bukan hanya karena keberuntungan, tapi juga semangat
juang.

Indonesia menang 2-1 atas Thailand di laga final leg pertama yang berlangsung di Stadion Pakansari, Rabu (14/12). Pada Sabtu (17/12), giliran Thailand menjamu Garuda di Stadion Rajamangala, Bangkok untuk final leg kedua.

Riedl mengungkapkan, bagaimana timnya dihuni sejumlah pemain minim pengalaman internasional. Akan tetapi, hal itu bukan halangan dan terbukti malah menjadi kekuatan Merah Putih selama Piala AFF berlangsung.

“Kami mencoba membangun tim, kami coba membangun kepercayaan diri tim, persaingan di tim. Dengan begitu, pemain akan memiliki kepercayaan diri,” ujar Riedl kepada wartawan.

“Tentu kami juga dinaungi keberuntungan, namun yang paling berperan yakni semangat juang tim ini,” kata pelatih berusia 67 tahun ini.

Indonesia menyingkirkan Vietnam dengan agregat 4-3 di semifinal. Padahal, Vietnam merupakan salah satu unggulan selain Thailand untuk menjadi juara Piala AFF 2016.

“Kami underdog untuk menghadapi Thailand, begitu juga saat melawan Vietnam. Tapi, keberuntungan juga berpihak pada kami dan kami punya kemampuan mengalahkan mereka,” tutur Riedl. [Liputan6]

Related posts