Heart Indonesia salurkan bantuan watertank bagi pengungsi Gempa Pijay

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Help and Response Team (Heart) Indonesia memberikan bantuan kepada korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya (Pijay). Bantuan tersebut berupa watertank atau penampungan air bersih di posko pengungsian.

“Bantuan watertank dengan kapasitas 5000 liter sudah kita serahkan ke posko pengungsian di gampong Deah Ujong Baroh Kecamatan Triengadeng dan sudah diterima oleh masyarakat didesa tersebut,” kata korlap Heart Indonesia Afrizal, Jumat (16/12) di Banda Aceh.

Dikatakannya, selain di gampong Deah Ujong, bantuan tempat penampungan air bersih juga akan diberikan di lima titik pengungsian korban gempa yang berada di dua Kabupaten selain Pijay yakni Bireun dan Pidie.

“Ada lima titik pemberian bantuan yang akan kita berikan, dan baru satu unit yang telah kita distribusikan ke para pengungsi dan empat unit lainya akan segera diberikan dalam waktu dekat,” ujarnya.

Heart Indonesia, kata dia merupakan komunitas yang terdiri dari mantan relawan kemanusiaan yang pernah bekerja di Provinsi Aceh pada masa rehabilitasi dan rekontruksi Aceh-Nias.

“Mereka mantan pekerja relawan yang pernah bekerja di Aceh pada masa rehab rekon ada pekerja dari luar Aceh dan luar negeri,” jelasnya.

Terbentuknya komunitas ini sendiri, kata Afrizal atas kepedulian mantan pekerja relawan atas musibah gempa bumi di Pijay dan berfokus pada program water and sanitation.

Ia juga menyebutkan sebelumnya tim ahli yang terdiri dari spesialis water and sanitation, Susanto dan Tito Syafzanuar dari sipil engineer serta Eddy Husnizal telah melakukan survei. Dari survei itu air bersih salah satu kebutuhan bagi para pengungsi korban gempa.

“Di tempat pengungsian tidak adanya air bersih, dan kalau ada penyaluran air bersih oleh PDAM mereka tidak ada tempat penampungannya,” imbuhnya. [Randi/rel]

Related posts