Besok, Jokowi bakal resmikan program Magang Nasional

Presiden RI, Joko Widodo (foto:sidomi.com)
Presiden RI, Joko Widodo (foto:sidomi.com)

Karawang (KANALACEH.COM) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan membuka launching Program Pemagangan Nasional di Kawasan Industry International City (KIIC) Karawang, Jumat (23/12) ini. Sebanyak 5.000 calon pekerja akan menjadi pekerja magang di 500 perusahaan industri yang ada di Karawang. Kabupaten Karawang menjadi proyek percontohan program pemagangan nasional bagi daerah lain oleh pemerintah pusat karena sudah lebih dahulu berhasil menjalankan program ini.

“Jumat ini Presiden akan membuka louncing program pemagangan nasional di Karawang. Kita sudah melakukan berbagai persiapan dan berkordinasi dengan pemerintah pusat agar acara ini bisa berjalan dengan lancar,” kata Wakil Bupati Karawang, Jimmy Ahmad Zamksari kepada Koran Sindo, Kamis (22/12).

Menurutnya, Kabupaten Karawang dipilih menjadi proyek percontohan bagi program pemagangan nasional karena sudah berhasil menjalankan program tersebut dibandingkan dengan daerah lain. Pemkab Karawang bekerja sama dengan ratusan perusahaan industri yang ada di Karawang memiliki komitmen yang sama untuk mengatasi pengangguran di Karawang.

“Ada sekitar 500 perusahaan yang bersedia menampung 5.000 pekerja magang di perusahaan masing-masing. Nantinya mereka bekerja selama 6 bulan dengan honor 75% dari upah yang diberikan pekerja tetap. Jika pekerja magang ini memiliki kompetensi perusahaan, nantinya bisa langsung mempekerjakan sebagai pekerja tetap diperusahaannya,” lanjutnya.

Dia menambahkan Presiden Jokowi menaruh perhatian besar dengan masalah pengangguran. Ketika Karawang berhasil melaksanakan program tersebut presiden melihat hal ini sebagai momentum untuk mengatasi masalah pengangguran.

Program pemagangan bukan hal yang sulit dilakukan oleh daerah lain seperti yang sudah dilakukan kabupaten Karawang. “Kita harus bangga dengan ini karena kerja keras kita mendapat apresiasi oleh presiden dengan menjadikan Karawang sebagai proyek percontohan,” katanya.

Program Pemagangan Nasional adalah upaya meningkatkan skill tenaga kerja di Indonesia yang digagas oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) bersama dengan pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Salah satu lokasi tempat kerja yang akan jadi program pemagangan yakni, Kawasan Karawang International Industrial City (KIIC) di Karawang. Di KIIC akan dilakukan pengembangan program pelatihan terpadu kepada semua para pekerja magang. [Tempo]

Related posts