Angka kemiskinan di Aceh sudah menurun

Abu Doto coblos di Trubue, Pak Nas di Sadong Jurumudi
Pasangan nomor urut 4, Zaini Abdullah-Nasaruddin (AZAN) pada acara debat kandidat Cagub-Cawagub Aceh di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Kamis (22/12). (Kanal Aceh/Aidil)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Calon Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menyebutkan angka kemiskinan dan pengangguran di Aceh dari data Badan Pusat Statistik (BPS) menurun sejak dari tahun 2011-2016.

Hal itu disampaikannya saat memberikan kalimat penutup pada acara debat kandidat Cagub dan Cawagub Aceh di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Kamis (22/12) malam.

“Sementara Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat. Banyak hal telah ia lakukan pada periode lalu sehingga angka kemiskinan dan pengangguran menurun,” kata Zaini.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Aceh mulai dari Sabang hingga Aceh Tamiang untuk bersatu memilih pasangan AZAN dan melanjutkan kepemimpinannya dan berjuang meraih kemenangan.

Sebelumnya pada sesi pertama menjawab pertanyaan dari panelis, Nasaruddin menyebutkan tingkat kemiskinan masyarakat Aceh relatif 17%, tapi itu menurun sejak tahun 2011-2016.

“Tahun 2011, kemiskinan masyarakat Aceh 19,5%. Pengangguran juga menurun,” sebutnya.

Maka, untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat, pasangan yang berakronim AZAN ini sepakat untuk terus menjalankan Ingub Cuti Hamil kepada perempuan pekerja dan swasta, membangun rumah kaum dhuafa sebanyak 25.000 ribu rumah, yang masing-masing 5 ribu rumah per tahun.

“Juga meningkatkan fasilitas kesehatan di rumah sakit maupun puskesmas dan mempermudah regulasi JKRA,” ujar Nasaruddin. [Aidil Saputra]

Related posts