Akibat Longsor, arus transportasi Blangkejeren-Kutacane terganggu

Hadapi bencana, Pemerintah Aceh harus gunakan paradigma baru
Ilustrasi - bencana longsor di Aceh. (Antara Foto)

Blangkejeren (KANALACEH.COM) – Arus transportasi dari Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues (Galus) yang menghubungkan Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) dan sebaliknya lumpuh total setelah tertimbun longsor di Genting, Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues (Galus), Selasa (3/1).

Informasi yang diperoleh dari sejumlah sopir trayek L-300 Blangkejeren Kutacane, menyebutkan, material longsor yang menutupi badan jalan nasional tersebut berada di kawasan Genting lewat pasar Gumpang Putri Betung cukup parah.

Bahkan sebelumnya material longsor sudah menumpuk dipinggir jalan tersebut, tetapi tidak dibuang dan dibersihkan.

Sehingga disaat musim hujan material longsor langsung menutupi badan jalan nasional yang menyebabkan arus transportasi lumpuh total dari Galus ke Agara dan sebaliknya.

Kapolres Galus, AKBP Bhakti Eri N, melalui Kapolsek Putri Betung, Ipda Hery Budi, mengatakan, material longsor yang menutupi badan jalan nasional dikawasan Genting tersebut, kini sedang dibersihkan oleh intansi terkait.

“Longsor mulai terjadi dan menyebabkan arus transportasi Blangkejeren Kutacane terganggu sejak sekitar dari pukul 07:00 WIB tadi pagi, bahkan saat ini sekitar pukul 17:00 WIB material longsor sedang dibersihkan oleh petugas tersebut,” demikian Kapolsek Putri Betung. [Serambi]

Related posts