Aceh harus banyak menarik investor

Menkeu lapor gaji baru PNS ke Presiden, bocoran kenaikannya?
Dokumentasi - Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengisi kuliah umum bertemakan Peran Fiskal Dalam Membangun Perekonomian Insklusif di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Kamis (5/1). (Kanal Aceh/Aidil Saputra).

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengungkapkan, Aceh harus banyak menarik investor yang datang untuk menanam investasi di provinsi berjuluk Serambi Mekkah ini. Karena, hal itu sangat penting untuk menurunkan angka kemiskinan.

“Kalau banyak investasi di Aceh, maka terciptanya lapangan kerja sehingga kemiskinan bisa dikurangi,” katanya usai mengisi kuliah umum di Unsyiah, Banda Aceh, Kamis (5/1).

Ia mengatakan, karena tidak mungkin lagi perekonomian dapat dipacu dengan APBN dan APBD. “Jadi bagaimana Aceh bisa mampu menarik investasi,” katanya.

Menurutnya, dana Otsus Aceh dan Dana Alokasis Khusus (DAK) yang berlimpah harus dipergunakan untuk memperbaiki infrastruktur, seperti membangun air bersih, membangun pendidikan dan kesehatan, dan menciptakan kesempatan kerja.

“DAK kan didesain untuk melakukan persamaan dengan daerah lainnya, dan DAK diberikan kepada daerah yang memiliki tingkat kemiskinan lebih dalam atau kebutuhannya lebih besar,” ungkap Sri.

Jadi, ia berharap dana Otsus dan DAK yang diberikan kepada Aceh dapat dipergunakan sebaik-baiknya. Untuk diketahui, dana Otsus Aceh akan habis pada 2027. [Aidil Saputra]

Related posts