Ini dia OS paling tidak aman 2016

Ilustrasi

Jakarta (KANALACEH.COM) – MacOs dan iOS didaulat sebagai sistem operasi paling rentan di tahun 2014 dan 2015. Kini posisi tersebut bergeser di 2016, pindah ke siapa?

Menurut sebuah laporan yang dipaparkan cvedetails, untuk 2016, MacOS kini posisinya ke peringkat 10. Artinya sistem operasi MacBook atau iMac itu sudah lebih baik keamanannya dibanding tahun lalu. Sedangkan iOS malah lebih baik lagi, posisinya sekarang ada di peringkat 15 yang setingkat lebih baik dari Windows 10 yang menempati posisi 14.

Lantas siapa yang menjadi sistem operasi atau aplikasi paling rentan di 2016? di kutip dari Tech Viral, Kamis (5/1), adalah Android yang kini menempati posisi teratas sebagai sistem operasi atau aplikasi yang dianggap paling rentan.

Tercatat ada sebanyak 523 kerentanan yang ditemukan di OS besutan Google itu. Yang kemudian disusul oleh Debian di peringkat kedua dengan 319 kerentanan. Adapun posisi ketiga ditempati oleh Ubuntu yang memiliki 278 kerentanan.

Selain sistem operasi, cvedetails turut memasukan aplikasi dalam laporan yang dirilisnya. Kalau peringkat tiga besar diisi oleh sistem operasi, maka di posisi keempat ada flash player yang dianggap paling rentan keamanannya. Ada sekitar 266 kerentanan ditemukan di aplikasi bikinan Adobe itu.

Berikut daftar 15 besar sistem operasi atau aplikasi yang dianggap paling rentan sepanjang 2016 versi cvedetails. [Detik]

Related posts