Selama tahun 2016, 4 satwa ini paling di buru di Aceh

Konferensi pers penanganan kasus tindak pidana kehutanan (Tipihut) dan kasus Satwa liar di Polda Aceh, Banda Aceh Rabu (11/1). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan).

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Polda Aceh melalui Retkrimsus menyebutkan bahwa ada 4 jenis satwa liar yang paling banyak di buru di Aceh selama tahun 2016.

“Yakni, Harimau Sumatra, Gajah, Rangkong dan Orang Hutan,” kata Ditretkrimsus Polda Aceh, Kombes Pol Zulkifli di Banda Aceh, Rabu (11/1).

Pembunuhan satwa liar tersebut yang dilakukan oleh pelaku hanya untuk mengambil keperluan pribadi saja, bahkan tidak jelas dengan tujuan apa. “Seperti gajah, dibunuh hanya ambil gadingnya saja,” ungkapnya.

Sejauh ini, kasus satwa liar di Aceh sangat rawan di Kabupaten Bireun, Aceh Jaya dan Aceh Barat. “Tapi tidak menutup kemungkinan daerah lain juga ada,” katanya.

Dari pelaku tersebut, Zulkifli menjelaskan yang sangat banyak ditemukan oleh masyarakat setempat adaalah untuk keperluan pribadi. “Hanya sebagian kita temukan ada bosnya dalam pembunuhan satwa liar ini,” ungkapnya. [Fahzian Aldevan]

Related posts