Rahasia awet muda ala Ira Koesno

Moderator debat perdana Cagub DKI, Ira Koesno. (CNN)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Debat perdana Pilkada DKI Jakarta 2017, akhir pekan lalu, di Hotel Bidakara, Jakarta, melahirkan ‘bintang’ baru.

Sang moderator, Ira Koesno, yang tampil cantik serta awet muda di usianya yang menginjak 47 tahun, membuat banyak penonton gagal fokus.

Bukan hanya mengomentari pernyataan para pasangan calon (paslon), sosial media justru dibanjiri pujian atas penampilan Ira Koesno.

Presenter senior bernama asli Dwi Noviratri Koesno itu membeberkan rahasia kecantikannya.

Menurut Ira, kunci utamanya adalah pola makan yang sehat. Dia mengaku mengurangi karbohidrat dan lebih banyak mengonsumsi sayur serta buah-buahan. Di sisi lain, Ira juga memperbanyak olahraga.

“Harus memaksakan olahraga,” kata Ira.

Meskipun sibuk, menurut Ira, olahraga itu tetap penting. Walau demikian, Ira mengaku tidak menentukan waktu khusus berolahraga.

Kunci ketiga, ujar Ira, selain istirahat yang cukup adalah alokasi dana perawatan khusus kecantikan.

“Untuk usia 40 tahun ke atas, harus ada alokasi khusus untuk perawatan ke dokter,” sebutnya.

Menurut pengamat gaya hidup sekaligus kosultan nutrisi Jansen Ongko, langkah perawatan kecantikan Ira sudah tepat.

Gaya hidup sehat akan membuat seseorang terlihat awet muda, sementara obat-obatan atau produk anti penuaan dini, hanya pendukung.

“Orang berpikiran si A menggunakan obat-obat tertentu atau operasi. Padahal tidak. Untuk mendapatkan kulit yang lebih muda, bisa dilakukan dengan gaya hidup yang sehat,” ujar dia kepada Antara, Senin (16/1).

Jansen merincikan bahwa gaya hidup sehat mencakup tiga kunci penting yakni pola makan yang sehat, olahraga yang rutin dan istirahat yang cukup.

Pola makan sehat berarti mengkonsumsi kandungan-kandungan gizi esensial yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi.

“Bisa seseorang mengatakan pola makannya sudah sehat, tetapi mungkin kurang zat besi, kurang vitamin dan mineral tertentu yang sebenarnya krusial untuk regenerasi kulit. Makanya perlu dikonsultasikan dulu dengan ahli nutrisi, karena kebutuhan orang berbeda-beda,” kata Jansen.

Kemudian, melakukan olahraga yang disesuaikan dengan kebutuhan. Titik beratnya bukan pada jenis olahraga tertentu, namun pada kontinuitas, dengan kata lain, dilakukan secara rutin.

Selain itu, istirahat yang cukup, secara kuantitas dan kualitas. Jansen memastikan, bila ketiga kunci gaya hidup sehat berhasil terlaksana, tubuh akan menjadi bugar dan regenerasi kulit semakin baik.

“Jadi orang-orang yang suka begadang, bekerja hingga tengah malam, kurang tidur, merokok dan sering mengkonsumsi junk food, bisa dibilang mempercepat penuaan,” kata Jansen. [CNN]

Related posts