Polisi temukan jalur WNI menuju Suriah

Polisi temukan jalur WNI menuju Suriah
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, Brigjen Pol Rikwanto.

Jakarta (KANALACEH.COM) – Polisi berhasil mendata jalur yang kerap digunakan Warga Negara Indonesia (WNI) untuk pergi ke Suriah dan bergabung dengan kelompok radikal Islamic State in Iraq and Syiria (ISIS).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, Brigjen Pol Rikwanto mengatakan, di antara jalur yang digunakan WNI menuju Suriah adalah melalui jalur umrah, turis, dan tenaga kerja. Jalur lainnya yang digunakan kata dia jalur negara tertentu seperti Thailand dan Turki.

“Ini kan terdata ya akhirnya. Ini kan akhirnya terungkap, bahyak jalan menuju ke Turki, kemudian ke Suriah untuk masuk ISIS,” ujar Rikwanto di Kampus PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (27/1).

Dia mengungkapkan, Polri tengah menjajaki kerja sama dengan pihak imigrasi untuk mengamankan jalur yang biasanya digunakan WNI untuk pergi ke Suriah.

Pihaknya juga bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) serta para kepala daerah untuk membina para WNI yang dipulangkan dari Suriah.

Dia menambahkan, kerja sama tersebut dilakukan karena Undang-undang Terorisme belum bisa menjerat WNI akan bergabung dengan ISIS.

“Bisa dijerat apabila yang bersangkutan sudah lakukan tindak pidana,” ucapnya. [Sindonews]

Related posts