Warga Abdya tanya komitmen AZAN soal dayah, ini kata Nasaruddin

Warga Abdya tanya komitmen AZAN soal dayah, ini kata Nasaruddin
Calon Wakil Gubernur Aceh, Nasaruddin disela pertemuan dengan Warga Gampong Lhang Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya, Kamis (26/1). (Ist)

Blang Pidie (KANALACEH.COM) – Warga Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya menanyakan komitmen pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Zaini Abdullah-Nasaruddin (AZAN) dalam mengembangkan pendidikan Dayah dan Pesantren di Aceh.

“Santri yang belajar di dayah atau pesantren kebanyakan dari kalangan yang orang tuanya kurang mampu bidang ekonomi sehingga butuh bantuan pemerintah,” ungkap Ishak Huri, perwakilan masyarakat setempat dalam silaturrahmi bersama Calon Wakil Gubernur Aceh, Nasaruddin, Kamis (26/1) di pesantren Darul Mukhslisin, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya.

Menurut Ishak, ilmu yang dipelajari di pesantren sangat penting untuk meningkatkan sumber daya manusia di Aceh yang lebih mengedepankan penegakkan Syari’at Islam.

“Jujur kami katakan, sudah banyak calon Gubernur yang merencanakan datang tapi kami tolak secara halus, karena kami sadar bahwa Pak Zaini selama ini sudah banyak berbuat untuk Dayah dan Pesantren, untuk itu komitmen ini harus terus dilanjutkan,” ujar Ishak.

Sepakat dengan perwakilan warga tersebut Nasaruddin menegaskan komitmen AZAN terhadap Dayah dan Pesantren di Aceh sebagaimana sudah dimulai oleh Gubernur Zaini Abdullah.

“Bukan hanya bangunan fisik yang akan kita tingkatkan juga untuk operasional dayah dan pesantren, termasuk untuk membantu santri yang berasal dari keluarga kurang mampu,” kata Nasaruddin.

Ditambahkannya, Gubernur Zaini Abdullah juga sudah merintis jalan untuk meningkatkan mobilitas pimpinan atau pengajar di pesantren dan Dayah dalam bentuk bantuan kendaraan operasional roda empat.

“Sering kali, ustad dan ustadzah di pesantren atau Dayah diundang oleh masyarakat, namun karena hujan atau malam hari terkadang sulit untuk hadir, karena itu pak Zaini Abdullah sudah memprogramkan untuk membantu Dayah dan Pesantren kendaraan operasional roda empat agar lebih mudah berdakwah dalam masyarakat,” jelas Nasaruddin.

Bantuan kendaraan operasional tersebut kata Nasaruddin akan terus dilanjutkan secara bertahap untuk Pesantren dan Dayah secara merata jika pasangan AZAN dipercayakan oleh masyarakat untuk memimpin Aceh kedepan. [Aidil/rel]

Related posts