Baru pulang dari Indonesia, pengacara Muslim Myanmar tewas ditembak

Baru pulang dari Indonesia, pengacara Muslim Myanmar tewas ditembak
Foto pengacara partai National League for Democracy, Ko Ni (RFA-Burmese)

Yangon (KANALACEH.COM) – Pengacara dari partai National League for Democracy di Myanmar, Ko Ni, dilaporkan ditembak mati di bandara Kota Yangon. Insiden ini terjadi ketika ia baru saja kembali ke Myanmar dari Indonesia.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Senin (30/1) asisten Ko Ni, San Naing mengatakan, pelaku menembak sang pengacara dan melukai dua orang lainnya di terminal utama Bandara Internasional Yangon pada Minggu 29 Januari pukul 16.30 waktu setempat.

“Mereka menembak bos saya. Ia tewas. Saya berada di samping jenazahnya dan banyak darah berceceran di lantai,” ujar San Naing.

Myanmar Times mewartakan, Ko Ni baru saja kembali dari Indonesia, di mana ia merupakan salah satu delegasi dari Myanmar yang datang ke Jakarta untuk belajar mengenai demokrasi serta pluralisme di Tanah Air.

Polisi telah menahan tersangka penembakan Ko Ni, namun hingga saat ini motif pelaku melakukan aksinya masih belum diketahui. Pejabat Kepolisian di Naypidaw menyebut tersangka penembakan tersebut merupakan warga Myanmar yang berasal dari Kota Mandalay.

Sekadar informasi, selain sebagai pengacara partai pimpinan Aung San Suu Kyi, Ko Ni dikenal sebagai pengacara terkemuka di Myanmar serta penyokong dari Asosiasi Pengacara Muslim Myanmar. [Okezone]

Related posts