Pemerintah restui pembangunan KEK Arun Lhokseumawe

Di depan Pengusaha Turki, Irwandi tawarkan 4 peluang investasi di Aceh
Ilustrasi - KEK Arun Lhokseumawe. (Net)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Pemerintah telah menyetujui usulan pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) Arun Lhokseumawe, Provinsi Nanggore Aceh Darussalam. Usulan tersebut disetujui dalam rapat koordinasi yang digelar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution  Senin (30/1), di kantornya.

“Sudah lengkap semua persyaratan. Jadi, kami setujui dan kami akan kirim ke Presiden,” kata Darmin saat ditemui usai rapat koordinasi tersebut di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta. Menurut dia, Peraturan Pemerintah tentang KEK Lhokseumawe juga akan segera terbit.

Menurut data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, KEK Lhokseumawe akan dibangun dengan luas 2.622,48 hektare. Nilai investasi proyek tersebut mencapai US$ 3,8 miliar atau Rp 50,67 miliar untuk sepuluh tahun. Adapun proyeksi tenaga kerja di sana mencapai 40 ribu orang untuk sepuluh tahun.

Proyek tersebut, menurut Darmin, diusulkan oleh PT Pertamina, PT Pelabuhan Indonesia I, PT Pupuk Iskandar Muda, dan Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh. KEK Lhokseumawe akan meliputi industri minyak, gas, dan energi, petrokimia, agro, logistik, dan penghasil kertas kantong semen atau kraft.

Dalam industri migas dan energi, akan dikembangkan regasifikasi LNG di KEK Lhokseumawe. Selain itu, akan dibangun pula LNG hub, LPG hub, mini LNG plant, serta pembangkit listrik tenaga gas dengan pengembangan pembangkit listrik yang ramah lingkungan.

Dalam industri petrokimia, akan dikembangkan klaster industri yang ramah lingkungan. Dalam industri agro, akan dikembangkan industri pendukung ketahanan pangan serta berbagai jenis usaha agro dan turunannya. Selain itu juga akan ada  pemanfaatan potensi bahan baku pertanian.

Sementara itu, dalam industri logistik, akan dikembangkan industri yang mendukung input dan output dari industri migas, petrokimia, dan agro. Untuk mendukung tujuan terssbut, di KEK Lhokseumawe akan dibangun infrastruktur pelabuhan dan dermaga yang berstandar internasional. [Tempo]

Related posts