KIP Aceh sosialisasi Pilkada ke pemilih pemula

Kemungkinan hadapi gugatan, KIP Aceh Utara siapkan dokumen

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – KIP Aceh bekerjasama dengan Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi menggelar sosialisasi Pilkada untuk pemilih pemula di SMA 8 Banda Aceh, Kamis (2/2).

Sosialisasi yang mengakat tema KIP Go To School itu dilangsungkan untuk mengenalkan tata cara memilih bagi para pemula saat 15 Februari mendatang, mulai dari pemilihan gubernur, bupati/walikota hingga saat mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Komisioner KIP Aceh, Hendra Fauzi mengatakan, sosialisasi itu merupakan program KIP Aceh untuk pemilih pemula yang bekerja sama dengan komunitas yang telah dibina oleh KIP Aceh.

“Para anggota di komunitas ini juga merupakan pemilih pemula, setelah kita sosialisasi tentang tata cara memilih lalu mereka kita mintakan untuk mensosialisasikannya kembali kepada pemilih pemula lainnya seperti di sekolah,” kata Hendra.

Lanjutnya, sosialisasi bagi para pemilih pemula telah dilakukan sebelumnya di beberapa sekolah yang ada di Banda Aceh.

Pihaknya mengajak para siswa untuk berdiskusi tentang cara bagaimana untuk ikut dalam memilih mulai dari kepala daerah.

Dikatakannya, sosialisasi tersebut juga akan dilanjutkan bagi anak-anak penyandang disabilitas di yayasan Bukesra Ulee Kareng dan sekolah anak-anak Tionghoa di Banda Aceh.

“Sasaran selanjutnya akan dilanjutkan bagi anak-anak penyandang disabilitas dan sekolah Tionghoa,” ujarnya

Selain itu, menjelang pemilihan 15 Februari mendatang KIP Aceh juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat golongan marginal seperti nelayan, tukang becak, dan pemulung.

Sementara, wakil kepala sekolah SMA 8, Samsul Bahri mengaku senang adanya sosialisasi tersebut sehingga siswa mendapatkan edukasi tentang tata cara ikut dalam Pilkada Aceh.

“Dengan ada sosialisasi itu setidaknya mereka sudah tau dan bisa ikut berpartisipasi dalam pemilihan nanti,” katanya. Sambungnya, yang ikut sosialisasi kali ini ialah siswa kelas dua dan pengurus Osis. [Randi]

Related posts