Pemko Langsa serahkan 556 orang Linmas amankan Pilkada

Pemko Langsa serahkan 556 orang Linmas amankan Pilkada
Ilustrasi - Linmas Aceh Timur. (Ist)

Langsa (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Langsa melalui Badan Kesbang dan Politik melakukan Apel Siaga dan menyerahkan 556 orang Perlindungan Masyarakat (Linmas) sebagai anggota PAM Pilkada 2017 Walikota dan Wakil Walikota Langsa bertempat di Lapangan Merdeka Langsa, Jum’at (10/2).

Hadir pada upacara tersebut Wakil Ketua DPRK Langsa, Kodim 0104 Aceh Timur, Kapolres Kota Langsa, Sekda Kota Langsa, para Kepala SKPK dan undangan lainnya.

Dalam Sambutannya Plt Walikota Langsa, Kamaruddin Andalah mengatakan dalam rangka menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat yang kondusif guna terselenggaranya rangkaian kegiatan penyelenggaraan Pilkada tahun 2017, Pemerintah Kota Langsa telah melaksanakan rekrutmen dan pelatihan anggota Linmas Gampong PAM Pilkada Tahun 2017.

Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 10 tahun 2009  tentang penugasan satuan perlindungan masyarakat dalam penanganan ketenteraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum.

Adapun jumlah petugas Linmas TPS Gampong sebanyak 556 orang akan bertugas pada 278 TPS yang tersebar di lima Kecamatan dalam Kota Langsa.

Pun demikian kata Kamaruddin, penyerahan personil Satlinmas ini juga merupakan upaya meningkatkan peran serta masyarakat secara langsung dalam menjalankan kehidupan berdemokrasi.

“Oleh karena itu pemilu mutlak harus terselenggara dengan sukses, aman, tertib dan lancar dalam rangka penyelengaraan Pilkada yang aman,” katanya.

Kamaruddin Andalah juga berharap dengan penyerahan ini semakin menambah kekuatan personil Polres Kota Langsa dalam mengamankan jalannya penyelenggaraan pilkada, terutama masa dan waktu yang sangat rawan terjadi masalah yakni saat pencoblosan dan penghitungan suara.

Selanjutnya kepada personil Satlinmas yang diserahkan Plt Walikota Langsa juga mengharapkan agar terus mengasah kemampuan dan keterampilan serta pengetahuan terutama yang berhubungan dengan tugas-tugas PAM Pilkada dengan penuh kedisiplinan.

“Saya titip seluruh personil Satlinmas PAM pilkada ini dengan harapan agar mereka benar-benar diberdayakan dan diberikan bimbingan serta diarahkan,” ujarnya. [Erza]

Related posts