3 pria diduga ‘otak’ pembunuhan Kim Jong-Nam masih diburu polisi

Korsel: Rezim Korut terlibat pembunuhan Kim Jong Nam
Kim Jong-Nam. foto tahun 2001. (Reuters)

Kuala Lumpur (KANALACEH.COM) – Orang keempat yang ditangkap terkait pembunuhan Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un, diidentifikasi sebagai Ri Jong-Chol. Kepolisian Malaysia masih memburu tiga orang lain terkait kasus ini.

Dalam konferensi pers, seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Sabtu (18/2), Kepala Kepolisian Malaysia, Inspektur Jenderal Tan Sri Khalid Abu Bakar memastikan orang keempat yang ditangkap, sebagai warga negara Korut.

Pria itu ditangkap dalam penggerebekan kepolisian pada Jumat (17/2) malam, pukul 21.50 waktu setempat.

Dia ditangkap di sebuah kondominium di Jalan Kuchai Lama, Kuala Lumpur. Media Malaysia lainnya, New Straits Times, menyebut Ri Jong-Chol bersembunyi di kompleks apartemen tersebut setelah menyadari polisi memburu terduga pelaku lain terkait pembunuhan Jong-Nam.

Saat ditangkap, Ri Jong-Chol membawa i-Kad atau kartu identitas untuk pekerja asing di Malaysia. Dalam kartu identitas itu, tertulis jelas Ri Jong-Chol merupakan warga negara Republik Korea Utara dan lahir pada 6 Mei 1970. Laporan media juga menyebut dia membawa paspor Korut.

Selain Ri Jong-Chol, Kepolisian Malaysia telah menangkap tiga orang lainnya terkait kematian mendadak Jong-Nam.

Mereka adalah seorang wanita berpaspor Vietnam atas nama Doan Thi Huong (28), seorang wanita Indonesia bernama Siti Aisyah (25) dan seorang pria Malaysia bernama Muhammad Farid Jalaluddin (26) yang merupakan kekasih Aisyah. Doan dan Aisyah berstatus terduga pelaku pembunuhan, sedangkan Farid berstatus saksi.

Ri Jong-Chol merupakan warga Korut pertama yang ditangkap terkait pembunuhan Jong-Nam. Kepolisian Malaysia meyakini dia sebagai salah satu dari empat pria yang terekam CCTV bersama Doan dan Aisyah pada hari kejadian, 13 Februari dan sehari sebelum kejadian di Bandara Kuala Lumpur.

Sumber otoritas Malaysia, seperti dilansir Reuters, menyebut sedikitnya tiga orang lainnya masih diburu polisi. Ketiga orang itu bersama Ri Jong-Chol diduga sebagai agen Korut, yang menjadi ‘otak’ pembunuhan Jong-Nam.

Mereka juga diduga memperdaya Doan dan Aisyah untuk menyerang Jong-Nam dengan racun hingga menewaskannya pada Senin (13/2) waktu setempat. [Detik]

Related posts