Mahasiswa KKM Gampong Uteun Gathom panen ikan lele

Mahasiswa KKM Gampong Uteun Gathom panen ikan lele
Mahasiswa KKM Gampong Uteun Gathom, Kecamatan Peusangan Selatan, Bireuen panen ikan lele. (Ist)

Bireuen (KANALACEH.COM) – Mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan pada masa akhir pengabdiannya dalam program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di gampong Uteun Gathom, Kecamatan Peusangan Selatan melakukan panen lele jenis Sangkuriang hasil pembibitan pada kolam terpal yang dilakukan mahasiswa di desa tersebut, Selasa (21/2).

Pada saat panen ikan lele tersebut,  Kepala Bapel KKM Umuslim Drs Syarkawi menjelasakan bahwa program pembibitan ikan lele ini merupakan program percontohan yang dilaksanakan mahasiswa saat melaksanakan pengabdiannya di desa.

Program pemeliharaan ikan dalam kolam terpal ini dilakukan mahasiswa sebagai program percontohan bagi masyarakat yang diharapkan akan dapat menjadi suatu program peningkatan ekonomi bagi masyarakat desa.

“Mudah-mudahan sistem program pengabdian ini bisa memberi manfaat besar bagi masyarakat, kami melihat pemeliharaan ikan kolam terpal ini  sangat cocok bagi masyarakat khususnya kaum ibu rumah tangga  untuk lapangan pekerjaan dan hasilnya bisa meningkatkan ekonomi keluarga,” katanya.

Dosen pembimbing program Muliari menjelaskan bahwa kolam terpal yang dibuat pada percontohan ini, ada tiga kolam. Satu kolam berukuran 3×2 yang diisi 500 bibit ikan lele berukuran 2-3 cm per ekor, pemeliharaan masa waktu 2 bulan hasilnya ratusan kilogram lele sudah bisa panen, satu kolam berhasil panen antara 250-300 kilogram ikan lele dengan ukuran 7-8 ekor perkilo.

Menurutnya program yang dilakukan mahasiswa KKM Umuslim ini dalam proses pembibitan ikan kolam terpal ini bibitnya bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan.

“Kami membimbing mahasiswa mulai dari pembuatan kolam, pembuatan pakan alami (plankton) sampai panen hasil dengan melibatkan masyarakat,” ujarnya. [Aidil/rel]

Related posts