Kasus penembakan, pengamat: terlalu dini jika dikaitkan dengan politik

Kasus penembakan, pengamat: terlalu dini jika dikaitkan dengan politik
Pengamat Politik dan Keamanan Aceh, Aryos Nivada.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pengamat Politik dan Keamanan Aceh, Aryos Nivada menilai kasus penembakan di Aceh Timur sangat terlalu dini jika dikaitkan dengan politik. Meskipun saat ini masih nuansa pilkada.

“Namun, kalau dikaitkan ke ranah politik, inipun dimungkinkan secara rasional iya, tapi terlalu dini jika dikaitkan kearah sana, meskipun saat ini masih nuansa pilkada,” kata dia saat dihubungi, Senin (6/3).

Ia menjelaskan, kasus tersebut merupakan kriminal murni, karena pelakunya menggunakan cara-cara yang melanggar hukum. Apalagi, kata dia, pelaku menggunakan sejata api ilegal.

Sementara itu, Aryos berpendapat, pengungkapan pelaku penembakan ini menjadi pertaruhan serius bagi instansi kepolisian.

Sebab, kalau tidak dapat menangkap pelaku ini menjadi citra yang buruk bagi kepolisian, karena publik akan menilai kinerja polisi lemah.

Juga sebaliknya, bila polisi bisa menangkap pelaku dengan cepat, ini menjadi prestasi bagi kepolisian.

“Masa tingkat teroris saja bisa ditangkap sangat cepat, masak kasus ini tidak bisa. Ini juga menjadi pertanyaan,” ungkapnya.

Terpenting, kata Aryos, aparat diminta segera melakukan antisipasi agar situasi ini tidak meluas ke daerah lain.

Menurutnya, kalau ini tidak diantisipasi akan menimbulkan gejolak yang sulit dikendalikan sehingga akan terjadi instabilitas keamanan. [Randi]

Related posts