Ini kondisi global yang dapat mempengaruhi Aceh

Ini kondisi global yang dapat mempengaruhi Aceh
Kasdam IM, Brigjen TNI M Daniel Cardin memberi cenderamata kepada Sekjen Wantannas, Rabu (8/3). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI M Daniel Cardin beserta para Asisten dan staf pagi tadi, Rabu (8/3) secara resmi menerima kunjungan dari Tim Kajian Daerah Aceh Sekretariat Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) di ruang Sanggamara Lounge Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh.

Kedatangan Tim dari Sekjen Wantannas tersebut, terkait dengan kajian di Provinsi Aceh yang nantinya akan menjadi bahan laporan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Wantannas ini berkedudukan langsung di bawah Presiden, dan bertanggungjawab secara langsung kepada Presiden pula,” ujar ketua tim Marsekal Madya TNI Khairul Arifin.

Selanjutnya Kasdam Iskandar Muda, Brigjen TNI M Daniel Cardin memaparkan kondisi global Wilayah Aceh terutama sebelum, selama dan sesudah Pilkada setentak 2017 berlangsung.

“Kondisi global yang mempengaruhi Aceh diantaranya, yaitu penyebaran terorisme, gerakan separatis, imigran gelap dan narkoba,” tutur Kasdam.

Dari sudut penyebaran terorisme, masyarakat Aceh yang sangat terbuka terhadap pendatang baru terutama pemeluk agama Islam sangat berpotensi menjadi tempat penyebaran paham teroris, terbukti sudah ada beberapa tempat di Aceh yang dijadikan tempat latihan oleh para teroris.

Begitupula gerakan separatis, meskipun semenjak tahun 2005 telah ditandatangani perjanjian Helsinki sebagai “de jure” terjadinya perdamaian di Aceh, namun secara “de facto” mindset masyarakat Aceh masih menjadi lahan strategis bagi para penyebar propaganda yang menyebarkan “kebencian” pada pemerinta pusat.

Imigran gelap juga menjadi masalah tersendiri, karena wilayah Aceh yang berbatasan langsung dengan lautan bebas, tentunya menjadi jalur masuk para imigran gelap, ditambah penerimaan masyarakat Aceh yang sangat baik terutama bagi imigran muslim.

Selanjutnya penyebaran narkoba yang sangat luas sampai ke pelosok-pelosok pedesaan juga menjadi masalah yang serius, hal tersebut tak lepas dari kondisi geogragfis Aceh yang dikelilingi oleh laut.

“Hampir seluruh pantai di Aceh, menjadi pintu masuk dalam penyebaran Narkoba,” ujarnya. [Aidil/rel]

Related posts