Hari ini Aceh Dua kali diguncang gempa, ini analisis BMKG

Hari ini Aceh Dua kali diguncang gempa, ini analisis BMKG
BMKG

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Hari ini Aceh diguncang gempa sebanyak dua kali. Dimana gempa pertama terjadi pada pukul 09:00 WIB dengan kekuatan 5,9 SR dan yang kedua pada pukul 20:13 dengan kekuatan 5,2 SR.

Dari analisi BMKG, gempa bumi yang terjadi menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI) di wilayah Banda Aceh, Meulaboh dan Sabang.

“Deskripsi gempabumi dengan skala intensitas II SIG-BMKG menunjukkan bahwa guncangan dirasakan orang banyak tetapi belum menimbulkan kerusakan,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Moch. Riyadi melalui siaran tertulis yang diterima, Senin (14/2).

Dikatakannya, ditinjau dari kedalamannya maka gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng di bawah cekungan busur muka (fore arc basian).

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan. “Kepada masyarakat pesisir pantai barat Provinsi Aceh dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang karena gempabumi ini tidak berpotensi merusak dan tidak berpotensi tsunami,” ujarnya. [Randi/rel]

Related posts