Besok, Kementerian BUMN tunjuk Dirut baru PT Pertamina

Besok, Kementerian BUMN tunjuk Dirut baru PT Pertamina
Menteri BUMN, Rini Soemarno. (Viva)
--Ads--
loading...

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengatakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dengan PT Pertamina (Persero) pada hari Kamis pekan ini.

Kendati demikian, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kemeterian BUMN Edwin Hidayat Abdullah enggan mengatakan bahwa RUPS besok juga sekalian menetapkan Direktur Utama baru.

Penetapan posisi nomor satu di BUMN minyak itu akan ditetapkan sesuai keputusan Menteri BUMN.

Ads

“Kan nanti keputusan RUPS ditandatangani Menteri BUMN. Kami baru mau meeting. Diputuskan atau tidak, kami lihat nanti,” jelas Edwin, Rabu (15/3).

Selain itu, Edwin tidak mau menyebut calon nama Direktur Utama yang dimaksud. Tetapi, ia menepis kabar burung yang beredar bahwa mantan bos PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Budi Gunadi Sadikin menjadi salah satu calon Direktur Utama.

“Bukan Pak Budi. Itu nanti terserah Bu Menteri BUMN. Namun setelah menjadi Direktur Utama, sosok itu harus bisa konsolidasi karena kan selama beberapa waktu Pertamina tidak ada Dirut,” ungkapnya.

Di sisi lain, Menteri BUMN Rini Soemarno enggan berkomentar ihwal pemilihan Direktur Utama Pertamina. “No comment,” kata Rini.

Sebelumnya, RUPS yang dilaksanakan pada Jumat tanggal 3 Feberuari 2017 memutuskan bahwa Direktur Utama dan Wakil Direktur Utama Pertamina diberhentikan dari jabatannya.

Masalah komunikasi dan krisis kepemimpinan di Pertamina dianggap melandasi keputusan tersebut.

“Kerjasama tim internal dan komunikasi ini penting. Kalau tidak dilaksanakan, akan banyak keputusan tertunda. Kalau dibiarkan, dampaknya ke kinerja secara keseluruhan bisa terganggu,” ujar Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi dan Jasa Lain Kementerian BUMN Gatot Trihargo pada awal bulan lalu.

Elia Massa Manik

Sementara, sumber CNNIndonesia.com di lingkungan Istana Kepresidenan menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah merestui Elia Massa Manik sebagai bos perusahaan pelat merah sektor energi.

“Saya dengarnya begitu. Pak Presiden telah menunjuk Elia Massa Manik sebagai Direktur Utama Pertamina,” ujar sumber tersebut.

Elia Massa merupakan Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III yang menjabat sebagai bos holding BUMN perkebunan tersebut sejak Mei 2016 lalu.

Ia sebelumnya juga pernah membantu bekas Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan dalam membenahi PT Elnusa Tbk, anak usaha Pertamina di bidang pengeboran migas yang terpuruk usai dibobol oleh pegawainya sendiri.

Dalam waktu 2,5 tahun menjabat sebagai Direktur Utama Elnusa sejak Juni 2011 sampai Mei 2014, Elia Massa berhasil mengobati kas perusahaan yang minus Rp43 miliar menjadi untung Rp242 miliar pada Desember 2013. [CNN]

Ads