Ini alasan kenapa bercinta tak perlu setiap hari menurut studi

Ini tips agar bisa menikmati Seks ketika Anda lelah
ilustrasi berhubungan seks. (dw.com)

(KANALACEH.COM) – Tidak ada patokan seberapa sering frekuensi bercinta normal yang seharusnya dilakukan pasangan. Hanya saja memang semakin rutin bercinta dampaknya akan semakin besar untuk kesehatan fisik dan mental seperti ditemukan oleh beberapa studi.

Namun demikian bukan berarti juga bercinta harus dilakukan setiap hari. Alasannya karena menurut studi terbaru yang dipublikasi di Association for Psychological Science kepuasan bercinta dapat bertahan hingga beberapa waktu dan kemungkinan ada alasan di balik hal tersebut.

Data dari 214 pasangan menikah yang diambil selama 14 hari menunjukkan kepuasan setelah seks (afterglow) rata-rata bertahan sekitar 48 jam. Artinya selama itu individu bisa tetap merasa puas dengan kehidupan seksualnya.

Menurut salah satu peneliti Andrea L. Meltzer afterglow bisa dibilang bentuk adaptasi bagaimana manusia bisa mempertahankan hubungan sosialnya dengan pasangan. Secara umum setelah menikah kepuasan dengan pasangan akan mulai berkurang setelah enam bulan, namun pada mereka yang tingkat afterglownya tinggi penurunan kepuasan tersebut bisa terjadi lebih lambat.

“Seks diasumsikan membantu pasangan untuk menjadi lebih dekat, tapi bagaimana cara pasangan bisa tetap merasa dekat setelah seks? Dilihat dari perspektif evolusi afterglow memiliki fungsi ini,” ungkap peneliti seperti dikutip dari Association for Psychological Science, Rabu (22/3).

“Hasil studi kami mendemonstrasikan kepuasan seksual akan tetap tinggi sekitar 48 jam setelah berhubungan seks. Pasangan dengan afterglow yang kuat juga melaporkan kepuasan pernikahan yang lebih tinggi sejak studi berlangsung hingga seterusnya,” lanjut peneliti.

Mengapa afterglow hanya bertahan sampai 2 hari? Ada kemungkinan berkaitan dengan pola produksi sperma pria. Ketika seks dilakukan terlalu sering maka jumlah sperma seorang pria dapat berkurang dan normalnya baru akan kembali pulih tiga hari kemudian.

Oleh karena itu afterglow bisa juga menjaga pasangan tetap mesra sambil menunggu jumlah sperma pria kembali meningkat. [Detik]

Related posts