Jalan Desa Lawe Kinga ke Kandang Mblang di Aceh Tenggara diperlebar

Kegiatan TMMD, prajurit Kodim Aceh Utara buka jalan di bekas daerah konflik
Ilustrasi - Alat berat yang diturunkan untuk membuka dan melebarkan jalan Desa Lawe Kinga ke Kandang Mblang di Aceh Tenggara, Jumat (24/3). (Ist)

Kutacane (KANALACEH.COM) – Pengerahan alat berat berupa satu unit eskavator mengawali pengerjaan awal hari kedua Pra TMMD ke-98 Kodim 0108/Aceh Tenggqra di Desa Lawe Kinga, Kecamatan Lawe Bulan dengan membuka dan melebarkan jalan sepanjang 2,5 kilometer dari Desa Lawe Kinga tembus ke Desa Kandang Mblang, Jum’at (24/3).

Pengerjaan pembukaan dan pelebaran jalan diawasi langsung oleh Danpos Ramil Lawe Bulan, Pelda Afifudin dan anggota Pos Ramil. Selain itu juga didampingi oleh Pasiter Dim 0108/Agara Kapten Arh Hamdanisyah beserta kepala desa setempat dan pemilik kebun.

Pembukaan dan pelebaran badan jalan yang menghubungkan dua desa itu awalnya hanya memiliki kelebaran sekitar 2 meter saja, kini dengan masuknya Program TMMD jalan tersebut diperlebar menjadi 6 meter dan diperkeras.

Pasiter Dim 0108/Agara Kapten Arh Hamdanisyah mengatakan, pengerahan alat berat ini sangat membantu dan efektif, dihari kedua pengerjaan telah mencapai sejauh 400 meter. Bila dilakukan manual atau tenaga manusia memakan waktu yang lama.

“Penggunaan alat berat untuk memudahkan dan mempercepat proses pelebaran jalan,” katanya.

Sementara itu, kepala desa setempat, Haddenin yang juga salah satu pemilik kebun, mengatakan dengan adanya TMMD ke-98 TA.2017 warga merasa senang, sebab jalan yang ada di desa diperlebar dan diperkeras.

“Para petani menuju ke kebun merasa nyaman. Jalan yang dulu sempit sekarang jadi cukup lebar dan bisa dilewati kendaraan untuk mengangkut hasil kebun,” ujarnya. [Aidil/rel]

Related posts