5 tips olahraga kardio agar hasil optimal

5 tips olahraga kardio agar hasil optimal
Ilustrasi olahraga kardio.

(KANALACEH.COM) – Latihan kardio penting untuk kesehatan jantung, sekaligus menjaga berat badan agar tetap ideal. Olahraga kardio meliputi jalan kaki, berenang, melompat-lompat, maupun bersepeda.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, simak 5 tips saat melakukan olahraga kardio, dilansir dari laman Shape, Rabu (29/3).

Interval berlari

Lakukan beberapa menit dengan kecepatan moderat, kemudian tingkatkan kecepatan Anda beberapa menit setelahnya. Anda akan membakar kalori lebih banyak, meningkatkan ketahanan tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih kuat.

Gunakan lengan Anda

Begitu banyak olahraga kardio yang melibatkan kaki. Tapi tidak ada salahnya juga melatih tangan Anda saat melangsungkan olahraga kardio. Ayunkan tangan Anda dan rasakan tarikan ototnya saat berlari, berenang, atau zumba.

Memperpanjang durasi latihan

Sebagian besar olahraga kardio hanya berlangsung 30-45 menit, sehingga membakar lebih banyak kalori. Namun, menambahkannya lima menit saja sudah dapat membakar kalori ekstra pada tubuh Anda.

Melakukan dua jenis kardio

Agar kekuatan otot Anda terbangun, cobalah lakukan dua jenis olahraga kardio dalam seminggu. Cara ini dapat mencegah cedera stres pada otot, akibat kegiatan yang berulang. ​

Tingkatkan kesulitan

Ketika olahraga sudah dilakukan secara rutin, jangan berhenti pada zona nyaman. Tingkatkan level kesulitan pada olahraga, misalnya melakukan berenang gaya kupu-kupu lebih intens. Latihan ini memberikan keuntungan lebih pada penguatan otot tertentu. [Okezone]

Related posts