Marcus/Kevin lolos ke semifinal Malaysia Terbuka

  • Whatsapp
Kevin/Marcus juara ganda putra India Terbuka 2017
kompas.com

Malaysia (KANALACEH.COM) – Pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo melaju ke semifinal turnamen Malaysia Terbuka 2017, setelah melakoni laga delapan besar yang dramatis, Jumat.

Berdasarkan laman resmi Federasi Bulu tangkis Dunia (BWF), Marcus/Kevin menumbangkan pasangan Cina, Li Junhui/Liu Yuchen, dalam pertarungan tiga game berdurasi 52 menit dengan skor 7-21, 21-17, 21-17.

Dalam pertarungan di Stadion Perpaduan, Kuching, Negara Bagian Sarawak, Malaysia, Li/Liu langsung mendominasi sejak awal game pertama. Mereka dengan cepat langsung meninggalkan perolehan poin pasangan Indonesia untuk memenangi game pembuka itu hanya dalam waktu 10 menit.

Setelah bermain ketat pada awal game kedua, pasangan Cina kembali meninggalkan perolehan poin Marcus/Kevin, namun perlahan duet Indonesia mendekati capaian Li/Liu menjadi hanya selisih satu angka 9-8. Akan tetapi Li/Liu berhasil kembali memimpin dan menyudahi waktu interval dengan skor 11-8.

Tidak mau kembali dipermalukan oleh pasangan Cina yang dikalahkannya pada turnamen All England 2017, Marcus/Kevin langsung melesat melewati poin duet Negeri Tirai Bambu selepas jeda interval dengan mencetak empat poin berturut-turut.

Tekanan bertubi-tubi Li/Liu pada Marcus/Kevin membuat ganda Cina itu kembali memimpin, bahkan sampai unggul tiga poin 17-14. Namun pasangan Indonesia seperti menemukan kembali gaya permainannya, dengan menahan lawan mereka pada posisi angka 17 dan langsung melesat memenangi game kedua.

Pada game penentuan, pasangan Indonesia kembali tertekan dan harus tertinggal lima poin saat jeda interval dengan skor 6-11. Perlahan namun pasti, Marcus/Kevin mengejar perolehan poin pasangan Cina nomor satu dunia itu.

Tepat ketika posisi tertinggal 13-16, Marcus/Kevin langsung mencetak empat poin berturut-turut menyalip poin Li/Liu 17-16. Kendati sempat kembali menyamakan kedudukan, permainan apik Marcus/Kevin ditambah dengan faktor kesalahan Li/Liu, memastikan Indonesia menempatkan satu wakilnya pada babak empat besar turnamen berlevel superseries itu.

Kemenangan ini menambah catatan positif Marcus/Kevin melawan Li/Liu. Mereka unggul 2-1 atas pasangan Cina tersebut dengan meraih kemenangan di All England 2017 dan Malaysia Terbuka 2017, sementara Li/Liu menang di Vietnam Terbuka 2015.

Pada semifinal, Marcus/Kevin akan menghadapi pasangan Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda yang berhasil menumbangkan duet Thailand Bodin Isara/Nipitphon Phuangphuapet 21-16, 21-19.

Indonesia masih menyisakan dua wakilnya yang akan berjuang pada perempat final, pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang akan menghadapi duet Korea Selatan Choi Solgyu/Chae Yoo Jung dan atlet tunggal putra Jonathan Christie yang akan menghadapi wakil Cina Lin Dan. [Tempo]

Related posts