BPBD sulit kirim bantuan ke korban banjir Agara karena akses jalan terputus

Pengungsi akibat banjir bandang di Agara mencapai 2.476 jiwa
Banjir bandang di Aceh Tenggara, Selasa (11/4) kemarin. (BPBA)

Aceh Tenggara (KANALACEH.COM) – Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Aceh Tenggara tidak dapat dilalui akibat tertutup lumpur dan material longsor. BPBD menargetkan sore ini, sejumlah ruas jalan yang masih tertimbun lumpur akan dibersihkan supaya kendaraan bisa melintas.

“Itu (lumpur dan puing-puing kayu) yang harus kita singkirkan yang tutup jalan,” kata Kasi Logistik Bidang Kedaruratan BPBD Aceh Tenggara Yanti, Rabu (12/4).

Akibat lumpur yang menutup jalan, mobil dapur umum BPBD belum dapat menjangkau seluruh desa. Dia mengatakan, untuk membantu masyarakat pihaknya akan membagikan nasi bungkus untuk warga terdampak banjir bandang.

“Mobil dapur umum mau lewat tidak bisa karena banyak titik jalan tertutup material longsor dan lumpur. Ini yang harus dibersihkan,” kata Yanti.

“Tadi sudah kita salurkan bantuan makanan berupa nasi bungkus untuk masyarakat,” sambungnya.

Rencananya, BPBD dan pihak terkait akan mendirikan dapur umum pada Kamis (13/4) besok. Untuk saat ini, tenda pengungsian sudah dibangun di dua titik di kecamatan yang diterjang banjir bandang dan longsor. BPBD masih mendata jumlah pengungsi akibat banjir bandang.

“Tadi malam di Desa Lawe Sigala warga mengungsi semua karena takut banjir susulan,” ungkap Yanti. [Detik]

Related posts