Militer Filipina tewaskan Jubir Abu Sayyaf

Militer Filipina tewaskan Jubir Abu Sayyaf
Abu Rami, Jubir kelompok Abu Sayyaf.

Bohol (KANALACEH.COM) – Pasukan keamanan Filipina dilaporkan berhasil menewaskan salah satu petinggi kelompok Abu Sayyaf. Ia adalah Abu Rami yang juga menjadi juru bicara kelompok militan radikal tersebut.

Sebagaimana dikutip dari The Star, Kamis (13/4) Abu Rami merupakan satu dari lima anggota Abu Sayyaf yang tewas dalam baku tembak dengan pasukan keamanan di Filipina yang terjadi di Kota Bohol pada Selasa 11 April 2017.

Kepala Divisi Intelijen Kepolisian Visayas Pusat, Jonathan Cabal, membenarkan kabar kematian Abu Rami yang memiliki nama asli Muamar Askali.

Sebelum tewas oleh timah panas, Abu Rami masuk ke dalam daftar buronan yang dicari oleh otoritas keamanan Malaysia dan Filipina.

Mengingat ia dapat berbicara dalam bahasa Inggris, Abu Rami acap kali muncul di video ancaman yang dikeluarkan Abu Sayyaf terkait eksekusi tawanan.

Selain lima anggota Abu Sayyaf, baku tembak tersebut juga menewaskan tiga tentara dan satu polisi.

The Star mewartakan, wilayah Bohl sebenarnya jauh dari markas kelompok Abu Sayyaf. Namun, Amerika Serikat pernah mengeluarkan peringatan bahwa kelompok radikal tersebut kemungkinan akan melancarkan aksi penculikan di sana. [Okezone]

Related posts