Wapres AS dan Jokowi sempat singgung soal Freeport

Wapres AS dan Jokowi sempat singgung soal Freeport
Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Michael Richard Pence dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu di Istana Kepresidenan, Kamis (20/4). (Reuters)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Michael Richard Pence dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dan membahas beberapa hal soal kerja sama AS dan Indonesia. Salah satu materi yang sempat dibicarakan adalah soal investasi PT Freeport.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Luhut Panjaitan, saat dimintai tanggapannya soal divestasi saham Freeport.

“Ya 51% kita, Kan 51% itu stages-nya. Tadi Presiden bicara sama Pence bagus tadi. Pence sangat puas dengan penjelasan presiden. Masa rakyat kita minta saham lebih banyak enggak boleh?,” ujar Luhut di Komplek Istana Kepresidenan, Kamis (20/4).

Namun, Luhut menegaskan, soal Freeport hanya sedikit disinggung dalam pembicaraan antara Jokowi dan Wapres AS yang akrab disapa Mike Pence itu.

“Sedikit, enggak banyak disinggung. Jadi presiden banyak bicara mengenai masalah kerja sama bilateral ekonomi Indonesia dengan Amerika,” tutur Luhut.

Dia menambahkan, sudah mendapat laporan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, pembahasan dengan Freeport sudah hampir rampung.

“Tadi Pak Jonan melaporkan perundingan sudah hampir final dengan Freeport. Jadi kita harap dalam Minggu ke depan ini sudah selesai teknisnya. Kalau bisa lebih cepat, lebih bagus,” tutur Luhut. [Detik.com]

Related posts