Hacker dinilai punya potensi bobol data pengguna Telkomsel

Telkomsel: Tarif sudah sesuai
Ilustrasi. (Liputan6)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Peretasan yang dilakukan hacker pada website resmi Telkomsel dinilai berdampak serius. Hal ini diungkapkan oleh pakar keamanan di bidang IT CISSReC, Pratama Persadha.

Sebelumnya, ia menjelaskan bahwa hacker itu diduga melakukan deface, yakni mengubah tampilan pada situs website resmi Telkomsel. Meski begitu, peretas ternyata bisa melakukan serangan lebih serius yakni mencuri data pengguna.

“Meski tergolong dalam aksi ringan, kalau orang sudah bisa melakukan deface ada kemungkinkan dia juga bisa mencuri data dengan masuk ke dalam jaringan sistem yang lebih dalam lagi,” kata Pratama, Jumat (28/4).

Ia berharap perusahaan bisa melakukan peningkatan keamanan sehingga bisa menjamin keamanan data pelanggan.

“Ini perusahaan besar, bagaimana kalau perusahaan-perusahaan yang kecil. Seharusnya ada awareness dan tanggung jawab dari perusahaan untuk bisa mengamankan data,” imbuhnya.

Sebelumnya, situs resmi milik Telkomsel mengalami peretasan pada Jumat (28/4). Hacker yang masih belum diketahui tersebut menggunakan logo kelompok Anonymous dan menuliskan pernyataan protesnya.

Mereka menuntut kepada operator pelat merah tersebut untuk menurunkan harga dan tak memisahkan layanan paket dari 2G, 3G, dan 4G. [Okezone]

Related posts