7 dampak buruk mengkonsumsi pepaya berlebihan

(KANALACEH.COM) – Meski termasuk buah yang lezat, pepaya tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, terutama yang masih mentah atau pepaya muda. Karena, ada sejumlah efek samping yang muncul akibat mengonsumsi pepaya berlebihan.

Berikut alasan yang mengharus seseorang menghindari dan membatasi konsumsi pepaya seperti dilansir Boldsky:

Gula darah rendah

Pepaya yang telah difermentasi bisa menurunkan kadar gula darah. Mengonsumsi pepaya dalam bentuk ini bisa membuat gula darah terlalu rendah pada orang yang sudah memiliki kadar gula darah rendah.

Memperburuk masalah pernapasan

Pepaya mengandung enzim papain yang merupakan alergen, sehingga memperburuk gangguan pernapasan. Jika Anda menderita penyakit seperti asma, sebaiknya menghindari pepaya.

Batu ginjal

Pepaya mengandung banyak vitamin C. Hal ini memainkan peran penting dalam menjaga ketahanan sistem kekebalan tubuh. Namun, terlalu banyak mengonsumsi pepaya dapat berakhir buruk. Dosis tinggi vitamin C dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal di dalam tubuh.

Masalah gastrointestinal

Gejala gastrointestinal mungkin merupakan efek samping dari terlalu banyak makan pepaya. Ironisnya, papain yang menenangkan perut dapat menyebabkan sakit perut bila dikonsumsi berlebihan. Jadi, kuncinya adalah moderasi dalam mengonsumsi pepaya.

Kesuburan pria

Pepaya bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan mungkin berdampak buruk bagi reproduksi pria. Hal ini termasuk mengurangi volume sperma pada pria.

Masalah kulit

Jika kulit Anda sudah berubah warna menjadi kekuning-kuningan, terutama di telapak tangan, maka waspada menderita penyakit kulit karotenemia. Hal ini bisa saja disebabkan oleh konsumsi pepaya yang berlebihan.

Pepaya mendapat rona oranye dari betakaroten, nutrisi karotenoid yang memberi Anda vitamin A. Betakaroten dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan masalah kulit.

Menyebabkan keguguran kehamilan

Pepaya mentah jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan keguguran. Pepaya mentah memiliki lateks melimpah, yang diketahui memicu kontraksi uterus. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan keguguran, jadi hindari konsumsi pepaya saat hamil.

Jadi, meskipun pepaya adalah buah yang sangat lezat dan bergizi, seseorang harus berhati-hati saat mengonsumsinya. Terutama bagi Anda yang telah memiliki kadar gula darah rendah. [Okezone]

Related posts