Ustadz Danu: Pemuda adalah kekuatan pondasi umat

Ustadz Danu: Pemuda adalah kekuatan pondasi umat
Kajian rutin Pemuda Dewan Dakwah Aceh di Pulo Kapuk, Lhoknga, Aceh Besar, Selasa (2/5). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemuda Dewan Dakwah Aceh (PDDA) melalui bidang kaderisasi dan pemberdayaan umat menggelar kajian rutin sambil melakukan Rihlah Akbar Pemuda Dewan Dakwah Aceh di Pulo Kapuk, Lhoknga, Aceh Besar, Selasa (2/5).

Kegiatan yang bertemakan “Pemuda Merupakan Generasi Emas Perjuangan Ummat” ini diisi oleh Ustadz Danu Miharja, Lc salah satu dai kondang di Aceh dan dihadiri puluhan pengurus dan kader PDDA.

“Persatuan umat merupakan pilar kekuatan bangsa. Pemuda adalah dasar dari kekuatan pondasi umat tersebut. Hal ini terkadang sering dilupakan dan tidak diperhatikan dalam dunia pergerakan Islam,” kata Ustadz Danu Miharja.

Kemudian dia menjelaskan ada dua sebab mengapa sering terjadi benturan harakah dakwah dalam mendakwahkan Islam.

“Seringnya terjadi benturan pemahaman terhadap pergerakan Islam karena masing-masing pergerakan merasa bahwa kelompok merekalah paling benar dan selain dari kelompok mereka semua salah,” ujarnya.

Kemudian dia menambahkan hal yang sering terjadi dalam pergerakan yang ada, disebabkan ashabiyah hizbiyah atau kecintaan berlebihan (fanatik) terhadap kelompoknya dan mmmbuat peluang-peluang dakwah itu menjadi kecil.

“Jika ingin persatuan ini tetap terjaga, kuat dan kokoh maka sikap terbaik kita adalah berusaha legowo, menjaga persatuan dan saling silaturahmi,” pesan Ustadz Danu.

Hal yang sama juga disampaikan oleh ketua kaderisasi dan pemberdayaan umat, Taufiqurrahman. Ia mengatakan bahwa tujuan dari kajian rutin pemuda ini adalah ingin menyukseskan para pemuda dalam merangkul berbagai elemen umat.

“Harapannya para pemuda yang tergabung dalam Pemuda Dewan Dakwah Aceh ini bisa menjadi agen perubahan di masa yang akan datang,” kata Taufiqurrahman. [Aidil/rel]

Related posts