Buka 10 ribu Hektar lahan di Aceh Barat, Menteri Pertanian libatkan Eks Kombatan GAM

Buka10 ribu Hektar lahan di Aceh Barat, Menteri Pertanian libatkan Eks Kombatan GAM
Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 10 ribu hektare lahan pertanian di wilayah Aceh Barat. Lahan itu nantinya akan digarap oleh sebagian Eks Kombatan GAM.

Hal itu dikatakan Menteri Pertanian usai menggelar rembug utama dengan peserta pekan nasional kontak tani-nelayan andalan (Penas KTNA) seluruh Indonesia di anjong Mon Mata Banda Aceh, Jumat (5/5).

“Banyak saudara kita eks Gam untuk mengambil peran disitu,” katanya kepada wartawan.

Selanjutnya, pihak kementrian pertanian akan membicarakan itu lebih lanjut kepada Mantan Eks Kombatan GAM. “Kami akan mengajak berkumpul mereka (eks GAM) dan membicarakan ini lebih lanjut,” ujarnya.

Dikatakannya, itu tidak terlepas dari dorongan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah. “ Beliau cukup senang dengan hal itu (keterlibatan mantan Eks GAM),” katanya. Kata Andi amran, lahan tersebut nantinya dibuka secara bertahap.

Disamping itu, ia juga menyebutkan bahwa kurun waktu 2 tahun terakhir hasil pada sektor pertanian di Aceh meningkat. Hal itu dibuktikan, beberapa komoditas pertanian di Aceh mengalami kenaikan ekspor ke sejumlah negara

“Ini satu peningkatan, betul-betul Aceh ini 2 Tahun terakhir pertaniannya meningkat,” katanya. [Randi]

Related posts