Gowes Nusantara di Sabang diawali pengambilan tanah dan air

Gowes Nusantara di Sabang diawali dengan pengambilan tanah dan air
Gowes Nusantara 2017 yang dimulai dari Sabang, Aceh, Sabtu (13/5). (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Event nasional Gowes Nusantara diawali dengan pengambilan tanah dan air sebagai simbol Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang dimulai dari Sabang hingga Merauke.

Tanah dan air tersebut diserahkan oleh Rudianto yang mewakili Pemuda Kota Sabang dan selanjutnya diserahkan kepada Icuk Sugiarto sebagai “Duta Ayo Olahraga” yang juga mantan juara dunia bulutangkis Indonesia, Sabtu (13/5).

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga, Drs Raden Isnanta dalam sambutannya mengatakan, tanah dan air itu akan dibawa melewati 33 provinsi yang nantinya akan berakhir di Kota Magelang, Jawa Tengah pada puncak perayaan Hari Olahraga Nasional Tahun 2017 pada 9 September 2017.

“Tanah dan air tersebut akan diarak mengelilingi kota-kota yang berada di Indonesia yang diikuti tim inti yang beranggotakan 15 pesepeda dan berakhir di Kota Magelang pada puncak acara tanggal 9 September 2017 dengan tema Gowes Pesona Nusantara 2017,” ujarnya.

Lanjut dikatakan, kegiatan yang sama juga dilangsungkan di beberapa kota lainnya, diantaranya Tarakan, Atambua dan Merauke.

Keempat titik tersebut akan mengkawal tanah dan air dari sudut-sudut terluar Indonesia menuju titik temu di pulau Jawa yang bertepatan dengan hari Olahraga Nasional pada tanggal 9 September 2017.

Raden Isnanta berharap, Ke 15 pesepeda yang berada di Sabang akan mengajak seluruh masyarakat Kota Sabang khususnya, untuk aktif dalam berolahraga agar tercipta Indonesia yang sehat, bugar dan produktif.

“Melalui Gowes Pesona Nusantara 2017 kita libatkan banyak masyarakat untuk menguatkan tali persaudaraan dalam memahami Kebhinekaan,” pungkasnya. [Diki Arjuna]

Related posts