Banjir genangi 4 gampong di Langsa

Banjir genangi 4 gampong di Langsa
Salah satu rumah Kepala Dusun Ampera Gampong Jawa, Langsa Kota yang terendam banjir, Jumat (19/5). (Kanal Aceh/Erza)
--Ads--
loading...

Langsa (KANALACEH.COM) – Bencana banjir bandang menggenangi sebagian permukiman empat gampong di Kota Langsa, Jumat (19/5) dinihari.

Informasi yang dihimpun Kanalaceh.com, kawasan pemukiman yang sebagian wilayahnya terendam banjir kiriman di antaranya Gampong Jawa Baru dan Gampong Jawa Tengah, Kecamatan Langsa Kota.

Kemudian sebagian pemukiman di Gampong Paya Bujuk Langsa Baro dan Gampong Seulalah, Kecamatan Langsa Lama.

Ads

Namun wilayah yang sedikit parah terendam banjir yakni Dusun Amaliah, Tanjung Putus, Ampera, Kuburan Cina dan Dusun Aceh Pemukiman Gampong Jawa.

Kemudian sebagian pemukiman Dusun Melati dan Dusun Pondok Pabrik di Gampong Seulalah Langsa Lama.

Sedangkan banjir kiriman ini baru mulai surut, sejak Jumat (19/5) petang.

Kendati demikian, pantauan wartawan sejumlah warga sudah mulai mengemas barang harta bendanya yang diungsikan ke tempat yang lebih tinggi demi penyelamatan genangan air banjir.

Menurut Supendi selaku ketua pemuda Dusun Ampera, menjelaskan banjir tersebut diduga akibat hujan yang terus menerus sehingga aliran air di Krueng Langsa meluap.

“Meski tidak menimbulkan korban jiwa namun sempat membuat panik, karena luapan sungai dimulai Jumat dinihari, dimana kami sebagai warga sedang enak- enaknya tidur,” kata Supendi kepada Kanalaceh.com.

Mengantisipasi meluasnya banjir kiriman akibat luapan Krueng Langsa, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Langsa terus berjaga-jaga dan sudah pula menyiapkan perahu karet. [Erza]