Polresta Banda Aceh amankan 3 pedagang Mercon berbahan peledak kuat

Kasatreskrim Polresta Banda Aceh, Kompol Raja Gunawan mengamankan tiga pedagang mercon di Banda Aceh, Minggu (11/6). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Polresta Banda Aceh mengamankan tiga orang pedagang mercon di jalan Daud Beureueh, Kuta alam karena menjual mercon sekitar 500 petasan dari berbagai merek yang memiliki bahan peledak sedang hingga kuat.

Kapolresta Banda Aceh melalui Kasat Reskrim, Kompol Raja gunawan mengatakan, ketiga pelaku ini kedapatan menjual mercon ketika pihaknya melakukan Razia di kawasan Kuta Alam. Ketiga pelaku ialah berinisial MA, RF dan TF.

“Saat itu petugas patroli dan melihat yang bersangkutan membawa petasan dan langsung kita amankan,” katanya, Minggu (11/6).

Baca: Pedagang dan pembakar mercon diancam 20 Tahun Penjara

Selain mengamankan sejumlah barang bukti di tangan, petugas juga mengamankan puluhan petasan lainnya yang disimpan di salah satu toko dikawasan Lueng Bata, Banda Aceh.

“Dari gudang penyimpanan itu, kita mengamankan beberapa pack petasan dengan ratusan butir petasan dengan daya ledak tinggi dan sedang berbagai merek,” ujar Kompol Raja Gunawan.

Petasan yang diamankan itu, kata Raja Gunawan didatangkan tersangka dari Medan dan kemudian dijual kembali provinsi ke Aceh.

Razia petasan ini, sudah dilakukan jauh hari berdasarkan perintah Kapolda Aceh, agar dibulan Ramadhan tidak ada ledakan mercon yang bisa mengganggu kenyamanan umat muslim yang sedang beribadah.

“Kita mendapat perintah dari pimpinan agar di bulan Ramadhan tidak ada ledakan petasan/mercon yang bisa menganggu kenyamanan umat muslim yang sedang beribadah dan juga bisa membahayakan akibat ledakan petasan,” jelasnya.

Namun, dari pantauan kanalaceh.com di kawasan Peunayong dan Seutui, masih banyak pedagang mercon yang menjajakan barang dagangannya di pinggir jalan. “Kalau hanya sebatas kembang api tidak masalah, tapi kalau mereka menjual mercon kita akan ambil tindakan,” tegasnya. [Randi]

Related posts