Dishub Aceh periksa kelayakan Bus menjelang mudik Lebaran

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh memeriksa seluruh kelengkapan dokumen dan mesin pada transportasi yang ada di terminal Batoh dan Lueng Bata selama tiga hari kedepan, Selasa (13/6).

Pemeriksaan ini bertujuan untuk memeriksa kelayakan angkutan penumpang yang akan menyambut mudik dan arus balik lebaran.

Kasie lalu lintas dan angkutan jalan Dishub Aceh, Husaini mengatakan, pemeriksaan itu penting dilakukan bagi kendraan, apalagi yang memiliki rute perjalanan jauh seperti bus. “Ketika sudah kita periksa akan kita labeli dengan sticker angkutan lebaran,” ujarnya.

Namun, jika terdapat angkutan yang tidak memiliki standar atau tidak layak jalan, pihaknya tidak akan mengeluarkan surat izin jalan bahkan diambil tindakan.

Ia menghimbau agar masyarakat yang ingin mudik menggunakan tranportasi darat harus melihat bahwa bus yang memiliki sticker dari Dishub layak untuk dinaiki.

Untuk angkutan lebaran 2017 kali ini, Dishub Aceh mendata ada sekitar 4.000 angkutan lebaran yang telah dipersiapkan. Namun, jumlah itu sebelum dilakukannya pemeriksaan kendraan apakah layak jalan atau tidak. Untuyk pemudik, pihaknya memprediksi akan berlangsung pada -4 lebaran. [Randi]

Related posts