H -7 Lebaran, Mopen dilarang melintas di Jembatan Kutablang

Ilustrasi. (aceh.tribunnews.com)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menjelang Lebaran, perbaikan jembatan Krueng Tingkeum yang berada di jalan Nasional Banda Aceh-Medan kawasan Kutablang, Kabupaten Bireuen belum juga selesai. Sehingga pihak Dinas Perhubungan Aceh menetapkan -7 lebaran mobil penumpang (mopen) dilarang melintas Jembatan tersebut.

Hal itu dikatakan oleh Kapala seksi Lalu lintas dan angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan Aceh, Husaini, disela pemeriksaan kendraan angkutan umum di terminal batoh Banda Aceh, Selasa (13/6).

“Kendala kita adalah di jembatan Kutablang, sampai saat ini belum ada titik terang,” katanya. Sementara, jalan alternatife yang dipersiapkan bagi pemudik sepanjang 8,6 km jalur timur dan 7,6 km jalur Barat belum selesai proses pengaspalannya, Sehingga masih berdebu.

Ia menyebutkan, yang hanya bisa melewati jembatan tersebut ialah mobil pengangkut bahan bakar minyak (BBM), Gas dan sembako. Namun, mobil pengangkut tersebut juga dibatasi tonasenya. “Selain itu tidak ada yang boleh diizinkan lewat mulai -7 Lebaran,” ujarnya.

Diketahui, Jembatan yang konstruksi baja ini mengalami kemiringan akibat pilar penyangga jembatan dihantam tumpukan balok dan sampah kiriman dari hulu sungai Peusangan, pada Januari lalu.

Akibatnya, konstruksi jembatan mengalami kemiringan sekitar lima hingga delapan sentimeter di bagian selatan badan jalan. Hingga saat ini perbaikan jembatan tersebut masih terus dilakukan oleh pihak pemerintah. [Randi]

Related posts