Ilustrasi mudik. (Kompas)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Tipe A Kota Lhokseumawe, dengan kota tujuan mulai meningkat dalam sepekan terakhir.

Kordinator Terminal Tipe A Lhokseumawe Siti Nurhasyimah, Selasa mengatakan, bahwa berdasarkan hasil monitoring pihaknya sejak 15 Juni lalu, angka penumpang bus yang berangkat dari terminal Lhokseumawe terus meningkat.

“Angka penumpang dari Lhokseumawe dari berbagai jenis bus, baik jenis bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan bus jenis Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP), terus meningkat,” ungkap Siti.

AdsPHP Dev Cloud Hosting

Dia mengatakan jumlah keberangkatan penumpang lebih didominasi oleh bus jenis AKAP, dengan tujuan Kota Banda Aceh serta Kota Medan, Sumatera Utara dan juga berbagai kota lainnya di Pulau Sumatera Utara serta Pulau Jawa. Sedangkan untuk jenis bus AKDP, melayani penumpang antar kota di wilayah Provinsi Aceh.

Menurut dia jumlah bus yang berangkat dari Terminal Kota Lhokseumawe untuk jenis AKAP adalah perharinya rata-rata mencapai 55 bus.

Sedangkan jumlah penumpang setiap harinya mencapai 1.200 orang. Sementara jumlah penumpang yang kedatangan diterminal Lhokseumawe jauh berada dibawah angka dimaksud. Sedangkan untuk bus AKDP yang berangkat dari Lhokseumawe rata-rata setiap harinya mencapai 150  bus, dengan jumlah penumpang setiap harinya juga rata-rata mencapai 900 orang.

“Dari jumlah tersebut dalam sepekan terakhir, untuk jenis bus AKAP jumlah penumpang yang berangkat dari Lhokseumawe mencapai 6.139 sedang untuk jenis bus AKDP jumlah penumpang yang berangkat dari Kota Lhokseumawe mencapai 4.926,” terang Siti Nurhasyimah.

Diperkirakan, jumlah penumpang bus dari Lhokseumawe akan lebih meningkat lagi, terutama untuk jenis bus AKAP pada H-2 dan H-2 menjelang lebaran. [Antara]

Ads