Munawar A Jalil jadi khatib Idul Fitri di Masjid Raya Baiturrahman

Munawar A Jalil jadi khatib Idul Fitri di Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman setelah direnovasi. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh, Munawar A Jalil dinobatkan sebagai khatib pada pelaksanaan shalat Idul Fitri 1438 H/2017 Masehi di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Sementara sebagai imam shalat ditunjuk Ustadz Munawir Darwis yang merupakan imam tetap Masjid Raya Baiturrahman.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh Mulyadi Nurdin, Rabu (21/6).

Mulyadi mengatakan pelaksanaan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah dilaksanakan pada Minggu 25 Juni 2017, dan akan dimulai pada pukul 07.30 WIB, oleh karenanya masyarakat yang akan melaksanakan shalat Idul Fitri Baiturrahman diharapkan untuk datang lebih awal.

“Tahun ini shalat Idul Fitri dipusatkan di Masjid Raya Baiturrahman karena memang pasca rehab halaman masjid, kini sudah mampu menampung hingga 24 ribu jamaah lebih,” ujarnya.

Mulyadi juga menyarankan agar jamaah yang datang terlebih dahulu berwudhu di rumah, meskipun menurutnya saat ini tempat wudhu di Masjid Raya sudah banyak, akan tetapi dengan jumlah jamaah yang diperkirakan bisa mencapai 20 ribu orang, maka dikhawatirkan akan terjadi antrian panjang.

Pada kesempatan itu Mulyadi juga menyampaikan bahwasanya Pemerintah Aceh melalui panitia penyelenggara Peringatan Hari-Hari Besar Islam (P3HBI) Aceh tahun 1438 H/2017 M juga akan menyelenggarakan pawai malam takbiran pada Sabtu 24 Juni 2017.

Pawai akan dimulai setelah shalat Isya, dan rencananya akan dilepas oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah, dan akan didampingi oleh unsur Forkopimda Aceh.

“Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan malam takbiran, seperti biasa untuk hadir setelah shalat Isya, nanti akan ada beberapa ruas jalan yang akan dilewati oleh para peserta takbiran,” pungkas Mulyadi. [Aidil/rel]

Related posts