Tips agar tidak gendut dan tidak mudah terserang penyakit usai Lebaran

Tips agar tidak gendut dan tidak mudah terserang penyakit usai Lebaran
Makanan lebaran. (googleimages)

Malang (KANALACEH.COM) – Lebaran menjadi momen kumpul keluarga/ momen ini pastinya juga menjadi ajang makan besar.

Tidak hanya makanan khas Lebaran yang biasanya didominasi makanan bersantan. Kue kering juga identik dengan Lebaran.

Ahli gizi Universitas Brawijaya (UB), Dian Handayani SKM MKes PhD mengatakan masyarakat juga harus tetap menjaga pola makan pada momen Lebaran. Di antaranya dengan memperbanyak sayur dan buah.

“Sayur dan buah yang berserat akan membantu menyerap lemak dari santan. Sayur dan buah yang berwarna juga mengandung antioksidan, serta vitamin, mineral, zat besi, kalsium. Kandungan ini dapat menghambat datangnya penyakit,” ujar Dian, Selasa (27/6).

Agar berat badan tidak naik drastis usai Lebaran, kita juga harus memperhatikan kebutuhan energi untuk tubuh.

“Ketika tubuh kelebihan energi akibat makan berlebih, energi akan terdeposit karena belum menjalani proses metabolisme dan menambah berat badan,” tambahnya.

Kebutuhan energi bagi para perempuan sebesar berat badan dikali 25. Sedangkan bagi laki-laki adalah berat badan dikali 30.

“Waspada juga dengan makanan yang digoreng. Sebab, 10-12 persen minyak akan terserap ketika proses penggorengan,” jelas Ketua Jurusan Gizi UB itu.

Dian menyarankan masyarakat melakukan aktivitas setelah makan. Jangan hanya berdiam diri.

“Asumsi tidur setelah makan bisa menyebabkan gemuk itu tidak sepenuhnya benar. Tetapi juga tidak sepenuhnya salah. Yang bikin gemuk adalah tidak beraktivitas setelah makan,” terangnya.

Jika kita tidak beraktivitas setelah makan, insulin akan bekerja keras untuk mengikat gula ke otot.

“Namun jika beraktivitas, otot dengan sendirinya akan membutuhkan energi dari makanan. Sehingga insulin tidak harus bekerja terlalu keras,” tutur Dian.

Terutama, jika asupan makanan yang masuk melebihi kebutuhan energi normal. Bila tidak digunakan beraktivitas, akan mudah menambah berat badan.

“Nikmati makanan Lebaran sewajarnya. Jangan lupa jaga pola makan agar tetap sehat,” terangnya. [SuryaMalang.com]

Related posts