Hadiri acara pembukaan perlombaan Taman Ramadhan, Rafli bantu meunasah se-Samadua

Hadiri acara pembukaan perlombaan Taman Ramadhan, Rafli bantu meunasah se-Samadua
(Ist)

Tapaktuan (KANALACEH.COM) – Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Air Sialang (Hipmas) bekerja sama dengan Remaja Mesjid At-Taqwa Air Sialang Kecamatan Samadua Aceh Selatan kembali menggelar kegiatan perlombaan Taman Ramadhan tahun 2017.

Ketua panitia pelaksana Didiet Haryadi, dalam sambutannya pada acara pembukaan perlombaan, Selasa (27/6) menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan rutinitas tahunan yang dilaksanakan di tiga gampong  di kemesjidan Air Sialang.

Setelah para santri dididik selama bulan ramadhan maka pada lebaran ke-3 diadakan aneka perlombaan, seperti azan, hafalan juz amma, shalawat, cerdas cermat, shalat berjamaah dan aneka perlombaan lainnya.

“Kegiatan ini telah dilaksanakan rutin sejak puluhan tahun silam, bahkan sebelum kami lahirpun kegiatan ini sudah ada. Alhamdulillah untuk tahun ini partisipasi bantuan dari masyarakat sangat luar biasa baik berbentuk uang maupun buku tulis,” ungkap Didiet.

Sementara itu, Ketua BKM Kemesjidan At-Taqwa, Zamnur menuturkan pihaknya merasa bangga kegiatan ini dapat bertahan hingga berpuluhan tahun.

“Melalui kegiatan ini anak-anak dapat dibekali berbagai pengetahuan agama.  Dan yang paling istimewa pada malam ini telah hadir anggota DPD RI dalam acara ini,” ujar Zamnur.

Sementara itu, Camat Samadua Nyak Mansur berharap kegiatan tersebut dapat terus ditingkatkan.

“Kegiatan pembelajaran dan perlombaan agama seperti ini sangat lah penting untuk generasi muda,  karena merupakan salah satu bentuk mengantisipasi pengaruh narkoba bagi generasi muda, ” kata Nyak Mansur.

Senator Aceh Rafli Kande yang hadir turut memberikan motivasi agar kegiatan tersebut dapat dipertahankan dan disempurnakan.

“Nilai yang luar biasa saya lihat disini, bagaimana kegiatan ini dapat bertahan.  Istiqomah dalam menjalankan suatu kegiatan secara berkelanjutan itu mahal nilainya. Bahkan pemerintah sekalipun sering membuat suatu program gagal lalu membuat jenis program lainnya lagi dan terus begitu. Makanya untuk mencapai suatu capaian yang lebih baik kita harus istiqomah,” terang Rafli.

Di depan ratusan masyarakat yang berhadir Rafli juga memaparkan tugas dan fungsinya sebagai seorang anggota komite III DPD-RI hingga masyarakat dapat memahaminya.

Selain tu Rafli juga mengajak masyarakat untuk dapat lebih selektif terkait perusahaan-perusahan yang mengrusak hutan dan menggerus sumber daya alam masyarakat.

“Kita berharap yang menikmati hasil alam daerah kita ini adalah masyarakat kita buka sekelompok atau satu dua orang saja. Dulu Samadua pernah membuktikan sektar tahun 80-an bagaimana kita bisa menolak perusahan yang ingin mengambil batu granit di Samadua. Selama ini kita bisa lihat,  perusahaan dapat emas masyarakat dapat debu, sedikit orang dapat keuntungan, sementara banyak masyarakat yang harus menanggung dampak bencana,” kata Rafli.

Dalam kesempatan itu, Rafli Kande menyerahkan bantuan untuk 35 meunasah/surau se-Kecamatan Samadua. Penyerahan secara simbolis langsung diseerahkan oleh camat kepada imam meunasah dan Mukim Kasik Putih serta Mukim Sedar.

“Jangan lihat jumlahnya, ini cuma bantuan alakadarnya. Yang paling penting itu bisa basuo dosanak kampuang (yang paling penting itu dapat berjumpa dan bersilaturrahim dengan saudara-saudara se kampung,” ucapnya. [Aidil/rel]

Related posts