14 Mahasiswa Dakwah Aceh lulus seleksi

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 14 mahasiswa Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Aceh lulus seleksi untuk melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir, Jakarta.  “Ada 14 mahasiswa ADI Aceh lulus di di STID Mohammad Natsir, Jakarta. Ini tahun kedua mahasiswa ADI Aceh lulus di STID dan jumlahnya pun meningkat. Tahun lalu hanya sembilan mahasiswa lulus seleksi,” kata Sekretaris ADI Aceh Abizal Muhammad Yati di Banda Aceh, Kamis (6/7).

Abizal Muhammad mengatakan, seleksi diselenggarakan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STID Mohammad Natsir di Markaz Dewan Dakwah Aceh Gampong Rumpet, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar, bulan lalu.

Seleksi yang sama, kata dia, juga dilaksanakan di semua ADI di seluruh Indonesia. Para mahasiswa yang lulus STID Mohammad Natsir merupakan anak-anak pedalaman Aceh. Selama dua tahun, mereka dibina di Markaz Dewan Dakwah Aceh.

“Seleksi berlangsung ketat. Peserta tidak hanya mengikuti tes tulis dan wawancara, mereka juga harus mengikuti ujian praktek guna mengetahui kemampuan masing-masing,” ungkap Abizal Muhammad.

Abizal menyebutkan, materi tes atau seleksi di antaranya berupa hafalan Alquran sebanyak empat juz, kemampuan bahasa Arab dan wawasan keislaman. “Ini dikarenakan kuota yang terbatas dan diperebutkan oleh mahasiswa ADI di seluruh Indonesia. Bagi yang lulus akan mendapatkan beasiswa penuh selama dua tahun dari STID dan berpeluang melanjutkan pendidikan tingkat lanjutan,” kata dia.

Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh Tgk Hasanuddin Yusuf Adan mengapresiasi dan bangga atas kelulusan tersebut. Ia juga berterima kasih kepada para civitas akademika ADI Aceh yang telah mendidik mahasiswa dengan sungguh-sungguh, walau tanpa dibayar.

“Kami berharap mereka yang lulus STID mampu menyelesaikan pendidikan sarjana. Serta kembali ke daerah asal untuk berdakwah dan mengawal pelaksanaan syariat Islam,” ujar Tgk Hasanuddin. [Republika]

Related posts