Program JKA primadona masyarakat Aceh

Program JKA primadona masyarakat Aceh
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan) 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) merupakan program primadona masyarakat Aceh saat ini, tidak heran jika kembalinya terpilih Irwandi Yusuf sebagai orang nomor satu di Aceh disebabkan karena JKA.

“Karena tidak heran jika program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) pilihan masyarakat Aceh,” kata Nova saat memberi sambutan sekaligus membuka acara Pertemuan Ilmiah Respirasi Aceh (PIRA) IV oleh Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Cabang Aceh di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Sabtu (15/7) kemarin.

Dikatakan Nova, suksesnya JKA tersebut juga tidak terlepas dengan adanya dunia kedokteran di provinsi Aceh saat ini dan salah satunya spesialis paru khususnya yang ikut berpengaruh besar  di Aceh.

“Saya yakin Irwandi-Nova bisa dipercaya karena JKA-nya dan saya yakin dimasa yang lalu Irwandi bisa sukses dalam kepemimpinannnya itu juga karena dokter,” ungkap Nova.

Dirinya menilai selama 5 tahun belakang pada masa kepemimpinan sebelumnya dengan menerapkan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Provinsi Aceh belum menjadi pilihan masyarakat Aceh. “Sehingga BPJS ini masih menjadi momok bagi masyarakat,” katanya.

Karena BPJS Kesehatan itu sendiri sambung Nova, masih adanya pembayaran-pembayaran yang dilakukan yang sifatnya menjadi ketakuta bagi masyarakat Aceh itu sendiri.

“Terbayang urusan yang berbelit-belit dan terbayang wajah yang sangat jutek yang melayani peserta BPJS Kesehatan, walaupun hal demikian tidak benar,” katanya.

Oleh karenanya, lanjut Nova kedepan secara umum dokter harus berperan penuh dalam membantu rakyat Aceh. “Khususnya untuk dokter paru untuk membantu pemerintah Aceh,” pintanya.

Apalagi saat ini masyarakat Aceh termasuk salah satu daerah tertinggi angka kemiskinannya yang disusul dengan angka pengangguran yang diatas rata-rata nasional.

Agka-angka merah tersebut katanya Nova yang sedang melanda Aceh seperti kemiskinan, pendidikan, dan ekonomi harus ditingkatkan dengan segera. “Apalagi masalah listrik itu juga harus kita naikkan,” katanya. [Fahzian Aldevan]

Related posts