4.000 hektare sawah di Aceh Besar kekeringan

6.769 hektare lahan sawah di Aceh dilanda kekeringan
Dokumentasi - Salah seorang petani melihat areal persawahan miliknya yang dilanda kekeringan di Desa Trieng, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar, Tarmizi mengatakan, kemarau yang berkepanjangan membuat sebagian sawah di wilayah Aceh Besar mengalami kekeringan. Diperkirakan, sekitar 4.000 hektare sawah milik warga terancam gagal panen.

Ia menyebutkan, di Aceh Besar ada sekitar 32 ribu hektare sawah. Namun hanya sebagian yang dilanda kekeringan karena wilayah itu sulit untuk mengakses air. Apalagi dimusim kemarau seperti ini.

“Secara keseluruhan saat ini yang mengalami kekeringan sudah mencapai 4.000 hektare dari total sawah di Aceh Besar seluas 32 ribu,” katanya saat dihubungi wartawan, Senin (24/7).

Kekeringan tersebut, tersebar di Kecamatan Darul Imarah, Suka Makmur, Indrapuri, Simpang Tiga, Darusalam dan Kecamatan Ingin Jaya. Menurutnya, kekeringan ini disebabkan oleh kemarau panjang, jadi faktor alam ini tidak bisa diprediksi sebelumnya.

“Kita tetap mencari solusi seperti menyiapkan mesin pompa air agar bisa disalurkan ke daerah yang terdampak. Tapi kita lihat dulu apakah di daerah itu masih ada sumber airnya atau tidak,” ujarnya.

Saat ini pihaknya dan unsur Forkopimda Aceh Besar sedang turun kelapangan, khususnya ke daerah yang mengalami kekeringan terparah untuk dicarikan solusi agar tanaman padi milik warga tidak mati. [Randi]

Related posts