TBM RUMAN gelar edisi 115 wisata baca gratis

TBM RUMAN gelar edisi 115 wisata baca gratis
Minggu baca rame-rame (Mibara). (Ist)

Banda Aceh  (KANALACEH.COM) – Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di bawah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) menggelar wisata baca gratis MIBARA (minggu baca rame-rame) edisi ke 115 di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Minggu (23/7).

Ketua PKBM RUMAN, Ahmad Arif yang hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, sejak dimulai pada 18 Mei 2014 lalu, MIBARA memasuki edisi ke 115 pada hari Minggu kemarin.

“Di edisi ke 115 ini kita sediakan 300 bahan bacaan untuk semua tingkatan umur. Bahan bacaan tersebut merupakan sumbangan dari sahabat-sahabat sosial media facebook. Baik di dalam mau pun di luar Aceh”, ujar Arif.

MIBARA, lanjut Arif, sempat diliburkan selama hampir dua bulan. Mulai bulan suci Ramadhan sampai tiga pekan pasca Hari Raya Idul Fitri. MIBARA kembali digelar mulai Minggu (16/7) lalu.

Masyarakat antusias

Masyarakat seputaran Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar menyambut dengan antusias diadakannya kembali wisata baca gratis MIBARA.

Sebab mereka kembali bisa membaca di tempat dan atau meminjam maksimal 5 bacaan secara gratisan dengan syarat yang sangat mudah. Modalnya hanya kejujuran dan tangung jawab.

Seusai MIBARA edisi ke 115, tim khidmah RUMAN mencatat, dari sekian banyak pengunjung yang mampir, 70 di antaranya meminjam 234 bacaan selama sepekan ke depan.

Sumbangan pengunjung

Selain itu, beberapa pengunjung juga menyumbangkan bacaan kepada tim RUMAN. Totalnya 25 bacaan.

Ada yang sumbang 1 set “Ensiklopedi Bocah Muslim” atau EBM. Ensiklopedi ini terdiri dari 15 jilid buku hard cover dan full color.

Ada juga seorang pegiat Craftalova Aceh yang sumbangkan 8 bacaan. Termasuk 1 karyanya sendiri berjudul “Kreasi Dompet Gaya, 100% Hand Made”.

Bahkan, seorang pengunjung khusus membeli 6 gelas Lemon Tea ditambah satu plastik tahu bulat khas Bandung untuk tim PKBM RUMAN yang sedang bertugas.

“Kita terkejut sekaligus bahagia ketika menerima EBM dari pengunjung yang tidak mau disebutkan namanya. Sebab, harga 1 set buku berkwalitas tinggi itu mencapai Rp 3.6 juta. Alhamdulillah. Terima kasih kepada Hamba Allah tersebut, juga para penyumbang lainnya”, pungkas Arif. [Aidil/rel]

Related posts