Begini penjelasan ilmiah kenapa bisa sulit mengingat nama orang

Ilustrasi.

(KANALACEH.COM) Pernahkah Anda berkenalan dengan seseorang lalu melupakan namanya begitu saja? Tenang, bukan Anda saja yang mengalaminya.

Banyak orang yang melupakan nama seseorang yang mereka temui setelah pertemuan pertama. Bahkan, hal ini cenderung sering terjadi ketika ada beberapa orang yang mengajak Anda berkenalan di berbagai acara. Secara tidak sadar, nama itu akan hilang dari kepala Anda jika Anda tidak berkomunikasi secara intens.

Menurut seorang profesor psikologi di Kansas State University, Richard Harris, hal ini bisa bergantung pada seberapa tinggi level Anda tertarik pada seseorang. Jika Anda lebih tertarik pada sesuatu, maka Anda akan lebih mudah mengingatnya.

“Beberapa orang, kemungkinan mereka yang lebih aware pada hubungan sosial, lebih tertarik pada orang, lebih tertarik pada hubungan. Mereka akan lebih termotivasi untuk mengingat nama seseorang,” ujar Richard seperti dikutip dari Okezone.com, Rabu (26/7).

Alasan tidak mengingat nama seseorang setelah pertemuan pertama juga bisa dikarenakan kegagalan memori dalam otak. Di dalam otak, ada dua ruang penyimpanan memori, yaitu memori jangka panjang dan jangka pendek. Namun terkadang fungsi kerja otak pada memori jangka pendek gagal. Sehingga membuat informasi yang masuk hanya sedikit.

“Anda hanya bisa mempertahankan sedikit informasi di sana dan jika Anda tidak konsentrasi pada hal itu, itu akan memudar dengan cepat,” jelas profesor psikologi di Northwestern University, Paul Reber.

Selain itu, nama dianggap bukanlah sesuatu yang terpenting dari seseorang. Karena nama tidak benar-benar merepresentasikan kepribadian seseorang yang Anda temui.

Reber malanjutkan, memori manusia sangat bagus dalam hal menghadapi informasi yang terhubung dengan baik pada informasi lain yang sudah Anda ketahui. Namun hal ini tidak selalu berlaku pada beberapa hal baru yang Anda temui. Nama juga merupakan sesuatu yang dapat berubah dan terkadang terdengar sama dengan orang lain.

“Jadi Anda merasakan fenomena lucu di mana Anda dapat mengingat tentang seseorang yang terakhir Anda temui, segalanya kecuali nama mereka,” jelas Reber.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Dilansir dari Businessinsider, Anda bisa menyimpan nama dan nomor ponselnya pada gawai Anda. Bisa juga meminta kartu namanya di pertemuan pertama. Atau berbincang dengannya sampai Anda merasa cukup mengenalnya sebelum mengakhiri pertemuan. Jadi Anda akan mengingat namanya di pertemuan selanjutnya. []

Related posts